Pimpinan DPR Bicara Peran Presiden Jokowi bagi Capres di Pemilu 2024

Kamis, 2 Februari 2023 10:42 Reporter : Alma Fikhasari
Pimpinan DPR Bicara Peran Presiden Jokowi bagi Capres di Pemilu 2024 Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menilai tidak tepat jika urusan penentuan sosok calon presiden (capres) menjelang pilpres 2024 dikaitkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau dikait-kaitan dengan Pak Presiden misalnya, itu kurang tepat menurut saya," kata Dasco kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Kamis (2/2).

Sebab, kata Dasco, urusan kandidat capres atau cawapres merupakan utusan dari gabungan partai politik yang sudah memenuhi persyaratan tiket pencalonan, sebagaimana yang dikatakan Jokowi.

Untuk itu, posisi presiden dalam urusan tersebut bersifat tidak mengikat dan hanya sebagai penguat atas kandidat capres atau cawapres yang akan maju pada Pilpres 2024.

Meskipun, dia menilai wajar jika para calon-calon presiden mengharapkan endorse dari Presiden pada saat ini. Namun, hal sifatnya tidak mengikat.

"Namun itu kan sifatnya tidak mengikat. Lebih kepada sebagai penguat daripada calon presiden yang akan bertarung nanti," imbuh Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar sejumlah kalangan tidak menghubung-hubungkan urusan kandidat capres/cawapres menjelang Pemilu 2024.

"Kan itu urusannya partai, urusan koalisi. Urusan kandidat capres/cawapres itu urusannya partai atau gabungan partai. Apa urusannya dengan Presiden?" kata Jokowi kepada awak media selepas menghadiri Puncak Perayaan HUT ke-8 PSI di Jakarta, Selasa (31/1).

Jokowi mengatakan bahwa pihaknya memiliki banyak pekerjaan sehingga ada baiknya menghentikan kebiasaan menghubung-hubungkan Istana dengan persoalan capres/cawapres Pemilu 2024.

"Jangan sering dihubung-hubungkan dengan Istana, dikit-dikit dengan Istana. Istana pekerjaannya banyak," tegas Jokowi. [ray]

Baca juga:
Cak Imin Usul Jabatan Gubernur Dihapus, Ini Respons Presiden Jokowi
Tak Hanya NasDem, Demokrat Buka Peluang Komunikasi dengan Golkar
Golkar: Tak Ada Pembahasan Duetkan Anies-Airlangga di Pilpres 2024
Reaksi Anies Baswedan soal Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini