Pendiri PAN Minta Amien Rais Tak Ikut Campur Lagi Urusan Kongres

Sabtu, 18 Januari 2020 16:57 Reporter : Ronald
Pendiri PAN Minta Amien Rais Tak Ikut Campur Lagi Urusan Kongres Amien Rais. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Kongres pada 12 Februari 2020 mendatang. Rencananya, Kongres PAN akan dilaksanakan di Sulawesi Tenggara. Salah satu agenda Kongres yaitu pemilihan calon ketua umum PAN.

Sejauh ini, ada sejumlah kader yang berniat maju menjadi calon ketum, di antaranya Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap dan Asman Abnur. Mulfachri disebut mendapat dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais.

Pendiri PAN, Abdillah Toha meminta Amien Rais untuk tak ikut campur urusan kongres. "Jangan ada tekanan-tekanan dari Pak Amien lah, Pak Amien harus membiarkan, partai jangan tergantung ke Pak Amien," kata Abdillah saat ditemui di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (18/1).

1 dari 1 halaman

Selain itu, dia juga meminta eks Ketum MPR itu tidak mengintervensi pemilihan ketum. Menurutnya, sudah waktunya bagi Amien untuk membiarkan pelaksanaan Kongres PAN berjalan tanpa ada tekanan.

"Ya sudahlah, yang lalu-lalu kan selalu ikut campur, itu kan urusan sistem demokrasi di partai. Sudah waktunya lah melepaskan ini ke yang muda-muda. Sudah lah Pak Amien jangan ikut campur lagi," kata Abdillah.

Menurut Abdillah, banyak pihak yang merasa keberatan dengan tekanan yang dilakukan Amien. Namun, dia tak menjelaskan apa saja tekanan tersebut.

"Ya tafsirkan sendiri ikut campurnya bagaimana? Banyak yang keberatan. Bikin ruwet," pungkas Abdillah. [ray]

Baca juga:
Asman Abnur Deklarasikan Sebagai Caketum PAN
Cegah Perpecahan, PAN Disarankan Pilih Ketum Secara Aklamasi
Mulfachri Maju Caketum PAN, Gandeng Hanafi Rais Jadi Sekjen
Caketum PAN, Zulkifli Sebut Berkompetisi Lawan Mulfachri dan Asman
Didampingi Hanafi Rais, Mulfachri Lanjutkan Safari ke NTB Serap Aspirasi Kader PAN

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini