PDIP Siap Beri Masukan Nomenklatur Kementerian Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Senin, 22 Juli 2019 19:25 Reporter : Sania Mashabi
PDIP Siap Beri Masukan Nomenklatur Kementerian Kabinet Jokowi-Ma'ruf jokowi dan megawati buka puasa bersama di batu tulis. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga tidak menutup kemungkinan partainya membahas nomenklatur kementerian kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin di Kongres V PDIP. Sebab, salah satu tujuan PDIP mempercepat kongres karena ingin membantu pemerintahan presiden terpilih Jokowi.

"Seluruh bahan yang ada, apakah ini akan dibahas di kongres, kami kan memperhatikan hal semacam itu. Kongres ini kenapa dipercepat untuk mengawal Pak Jokowi lima tahun ke depan," kata Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Eriko mengatakan, PDIP tidak masalah jika Jokowi meminta masukan soal nomenklatur. Apalagi Jokowi adalah kader PDIP. Disinggung sosok kader yang disiapkan untuk berada di lingkaran kabinet, PDIP menyerahkan sepenuhnya pada Jokowi.

"Sehingga kami betul betul, kami melihat juga apa yang disampaikan Bu Ketua betul-betul memberikan kepercayaan pada dia sepenuhnya. Nanti yang akan merekrut siapapun itu, dalam nomenklatur yang ada," ucapnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, memberi sinyal bahwa komposisi penyusunan kabinet Jokowi-Ma'ruf dibicarakan setelah partainya melakukan kongres. Sebab, kongres merupakan wadah PDIP mengonsolidasikan kepentingan partai, termasuk penentuan kabinet.

"Bagi PDIP kongres merupakan momentum sangat penting dan strategis untuk melakukan evaluasi, konsolidasi, sinkronisasi, dari seluruh program partai agar PDIP benar-benar dapat hadir sebagai partai yang mengawal pemerintahan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin," kata Hasto di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat Pusat, Sabtu (20/7) malam. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Kabinet Jokowi
  2. PDIP
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini