Menanti Nama Calon Panglima TNI Usulan dari Presiden Jokowi

Kamis, 24 November 2022 12:35 Reporter : Lydia Fransisca
Menanti Nama Calon Panglima TNI Usulan dari Presiden Jokowi Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Alma Fikhasari

Merdeka.com - Tidak lama lagi, Presiden Joko Widodo segera mengirimkan nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun. Namun hingga saat ini, belum terendus nama yang akhirnya dipilih Jokowi.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, seluruh matra berpeluang menjadi panglima TNI, baik dari angkatan darat (AD), angkatan laut (AL), maupun angkatan udara (AU).

"Saya pikir, semua berpeluang itu tergantung daripada kebutuhan panglima tertinggi yaitu Presiden dalam melihat situasi dan kondisi saat ini," kata Dasco saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (24/11).

Dasco juga mengatakan, pihaknya akan menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan melakukan mekanisme yang ada.

"Karena itu hak prerogatif dari pada Presiden, kami tentunya menunggu dan kemudian akan melakukan tahapan sesuai mekanisme apabila sudah diterima (Surat Presidennya)," tambah Dasco.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, Surat Presiden (Surpres) Calon Panglima TNI akan disampaikan secara resmi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (28/11) mendatang. Surat itu rencananya akan diserahkan langsung kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Ya kesepakatan antara Ibu Ketua DPR dengan Pak Mensesneg itu akan disampaikan secara resmi pada 28 November, hari Senin besok," kata Indra saat dihubungi, Rabu (23/11).

Dia menjelaskan, alasan Surpres tersebut tidak disampaikan pada Rabu (23/11) dikarenakan Puan sebagai pimpinan DPR RI masih memimpin delegasi Indonesia pada sidang Parlemen ASEAN di Kamboja.

"Nah kenapa gak jadi disampaikan hari ini? Karena ibu Puan masih memimpin delegasi Indonesia pada sidang Parlemen ASEAN atau AIPA di Kamboja Phnom Pehn," jelasnya.

"Besok sore itu, itu baru akan diserahkan palu sidang dari Kamboja kepada Indonesia sebagai ketua Parlemen ASEAN untuk tahun depan. Sama seperti keketuaan ASEAN yang kemarin Pak Jokowi juga ke sini Indonesia juga menjadi keketuaan ASEAN itu untuk parlemen Indonesia juga tahun depan kan menjadi tuan rumah AIPA yang ke-44 dilaksanakan di Indonesia," sambungnya. [lia]

Baca juga:
Terungkap Alasan Istana Batal Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR
Istana Kirim Surat Berisi Nama Calon Panglima TNI Baru ke DPR pada 28 November 2022
DPR RI: Bisa Saja Presiden Memperpanjang Jabatan Panglima TNI
Politikus PDIP: Yudo Paling Layak Jadi Panglima TNI, Kalem, Tegas-Sistematis
Komisi I: Surpres Panglima Masuk DPR Sore Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini