John Wempi Wetipo, Putra Papua yang Jadi Wakil Menteri PUPR Pendamping Basuki

Jumat, 25 Oktober 2019 12:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
John Wempi Wetipo, Putra Papua yang Jadi Wakil Menteri PUPR Pendamping Basuki Wempi Wetipo di Istana Negara. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk mantan Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jhon akan membantu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membenahi infrastruktur, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

John merupakan Wakil Menteri dari partai politik yaitu PDIP. Berikut profil Jhon Wempi Wetipo wakil menteri PUPR perwakilan Papua:

1 dari 3 halaman

Sosok Pintar

Calon Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo, pria kelahiran Hekukaima, Wamena 15 September 1971. Jhon merupakan anak tunggal dari pasangan (alm) Habel Wetipo dan Kokolue Asso.

Kedua orangtuanya bekerja sebagai petani kebun. Meski hanya anak petani, Jhon dikenal sebagai sosok yang pintar. Saat SD dia selalu mendapat peringkat 1 dan 2 di sekolah.

2 dari 3 halaman

Kuliah di Bali

Jhon Wempi Wetipo sangat peduli dengan pendidikan. Selepas SMA, dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Manado, Sulawesi Utara. Saat itu Jhon memilih Akademik Pariwisata. Dia beralasan Wamena daerah yang penuh dengan pesona alam dan ragam budaya.

Sehingga ke depan bisa menjadi objek wisata dunia. Setelah lulus S1, dia pulang ke Wamena dan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Jayawijaya. Tak puas dengan gelar S1, Jhon kemudian melanjutkan studi S2 di Universitas Udayana Bali.

3 dari 3 halaman

Bupati Jayawijaya Dua Periode

Jhon Wempi Wetipo kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia pernah menjabat sebagai Bupati Jayawijaya selama dua periode yaitu 2008-2013 dan 20132018.

Kemudian, Jhon juga sempat maju dalam Pemilihan umum Gubernur Papua 2018 melawan petahana Lukas Enembe. Namun sayang, Jhon kalah pada kontestasi tersebut. [dan]

Baca juga:
Jadi Wamen PUPR, Wempi Wetipo Ditugaskan Bangun Infrastruktur Indonesia Timur
Zainut Tauhid Diminta Jokowi Urusi Bidang Keagamaan
Jejak Karier Zainut Tauhid, Politisi PPP yang Jadi Wakil Menteri Agama
Suahasil Nazara Ditunjuk Jadi Wakil Menteri Keuangan
Ditunjuk Jadi Wamenhan, Wahyu Sakti Trenggono Bakal Fokus Industri Pertahanan
PPP Ajukan Zainut Tauhid Jadi Wamenag

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini