Golkar Deklarasi KIB, Junimart: PDIP Tak Perlu Koalisi Bisa Usung Capres

Selasa, 17 Mei 2022 13:24 Reporter : Ahda Bayhaqi
Golkar Deklarasi KIB, Junimart: PDIP Tak Perlu Koalisi Bisa Usung Capres Anggota Komisi II DPR RI Junimart Girsang. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Golkar, PAN, PPP telah mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu. PDI Perjuangan tidak ambil pusing. Politikus PDIP Junimart Girsang menilai, partainya tidak perlu mengumumkan koalisi seperti KIB. Menurut dia, mencari rekan koalisi bukan pekerjaan sulit bagi PDIP.

"PDIP itu tidak perlu umumkan koalisi, PDIP sudah bisa mengusung, itu saja dipahami. Maka PDIP itu partai yang betul-betul siap dengan pesta demokrasi," ujar Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).

Junimart mengatakan, koalisi menjadi kewenangan sepenuhnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dengan siapa PDIP akan berkoalisi semua tergantung Megawati.

"Kalau masalah koalisi nanti saja itu menjadi kewenangan ibu ketua umum. Tapi sebagai catatan partai yang satu-satunya bisa mengusung presiden ya PDIP, tanpa koalisi juga bisa. Jadi koalisi urusan ibu ketum, bukan urusan kita, kita hanya ikut tegak lurus saja," katanya.

2 dari 2 halaman

Seperti diketahui, kursi anggota DPR saat ini berjumlah 575 orang. Dalam UU Pemilu perlu minimal 20 persen kursi untuk mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Butuh minimal 115 kursi untuk mengusung pasangan calon presiden. PDIP memiliki kursi 128 kursi.

Selain itu, Junimart pede banyak partai yang ingin berkoalisi dengan PDIP. Salah satunya sinyal diberikan Gerindra. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyambangi Megawati ketika lebaran kemarin.

"Partai-partai kan banyak mau gabung dengan PDIP juga," kata wakil ketua Komisi II DPR RI ini.

"Kita enggak usah bilang. Kan banyak. Pasti banyak kan tahu siapa yang ke Teuku Umar," sambungnya.

[rnd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini