Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Duo Senior yang Kena Semprit PDIP

Duo Senior yang Kena Semprit PDIP ganjar dipanggil pdip. ©2022 Merdeka.com/dokumentasi pdip

Merdeka.com - Kepulangan FX Hadi Rudyatmo ke kediamannya di Pucangsawit, Jebres, Solo disambut oleh ratusan kader PDIP. Mereka berkumpul sambil membawa berbagai atribut seperti bendera hingga seragam kebesaran partai. Ketika itu, mereka sedang mengadakan rapat DPC yang lokasinya tak jauh dari rumah Rudy.

Turun dari mobil warna hitam di Jalan Juanda, Ketua DPC PDIP Solo itu langsung disambut dengan pelukan dan jabat tangan dari sejumlah pengurus DPC PDIP Solo dan kader. FX Rudy baru pulang memenuhi panggilan dari DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (26/10) lalu.

Eks Wali Kota Solo itu habis dipanggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun. Penyebabnya, pernyataannya FX Rudy mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres. Bahkan dia siap dibully, dikucilkan dan disanksi partai.

Satu setengah jam Rudy disidang. Berdebat panjang dengan Hasto soal keputusannya mendukung Ganjar. Rudy juga meminta Hasto maupun pengurus lainnya agar tidak salah menilai dirinya.

Rudy menegaskan, tidak memiliki rasa benci sedikit pun terhadap putra putri maupun cucu Bung Karno termasuk Puan Maharani.

"Ya berdebat lah. Panjang satu setengah jam kok. Paling tidak saya memberikan masukan," kata Rudy kepada wartawan, Kamis (27/10).

FX Rudy akhirnya dijatuhi sanksi peringatan keras dan terakhir. Ini merupakan sanksi pertama yang diterima Rudy setelah 45 tahun menjadi kader Banteng. Rudy disangkakan melanggar keputusan Kongres V PDIP bahwa urusan Capres-Cawapres PDIP keputusan Megawati Soekarnoputri.

Sanksi Teguran Keras ke FX Rudy

Komarudin Watubun menahan sedih sampai suaranya bergetar ketika mengumumkan sanksi FX Rudy. Bagi Komarudin, FX Rudy lebih dari kader senior. Dia menyebut Rudy teman seperjuangan sejak masa-masa sulit PDI melawan rezim otoriter masa lampau.

"Pemeriksaan terhadap Pak Rudy memang agak sedikit lama karena sebagai kader senior, dan Pak Rudy sebagai teman seperjuangan," ujar Komarudin di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (26/10).

Namun, Komarudin mengaku harus tegas dan tidak pandang bulu. Meski Rudy teman seperjuangannya harus diberikan perlakuan yang adil kepada seluruh kader partai yang melanggar disiplin partai.

"Tapi, dalam posisi ini saya harus tegas, saya tidak pandang bulu, karena Anda adalah teman perjuangan saya, bagian dari sejarah partai," ujarnya.

Sanksi yang dijatuhi pada FX Hadi Rudyatmo juga lebih berat ketimbang Ganjar Pranowo. Rudy menerima sanksi yang dijatuhkan kepadanya.

"Sanksi sudah saya terima dengan penuh tanggung jawab. Dan saya sebagai kader senior mempunyai prinsip, sikap dan komitmen terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan, ibu Hj Megawati Soekarnoputri," ujar Rudy.

Ganjar Ikut Disanksi

Dua hari sebelum FX Rudy, Ganjar juga dipanggil Hasto dan Komarudin pada Senin (24/10). Wajah semringah, tanpa gugup, Ganjar turun dari menunggangi mobil hitam pelat B 1674 RFQ. Tiba di markas banteng sekitar Pukul 16.00 WIB.

Menyapa sejumlah kader PDIP di dalam gedung, dia langsung masuk ke sebuah ruangan. Dalam ruangan itu telah menunggu Hasto Kristiyanto dan Komarudin Watubun.

Tak ada rasa canggung, Ganjar dengan penuh senyum menyalami keduanya yang ingin menggelar 'sidang' di ruang tersebut. Ganjar dimintai keterangan tentang pernyataannya bilang siap menjadi capres 2024. Padahal, PDIP telah melarang siapapun bicara Capres, termasuk dukung mendukung.

Sekitar satu jam setelah disidang, Ganjar bersama Hasto dan Komarudin keluar ruangan. Menggelar jumpa pers. Intinya, Ganjar kukuh pada pendiriannya dan tak menarik ucapan siap menjadi Capres 2024.

"Saya orang Diklat. Semua kader mesti siap. Apapun," kata Ganjar.

Namun, Ganjar mengaku patuh terhadap keputusan calon presiden dan calon wakil presiden berada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Semua kader harus mengikuti keputusan Kongres PDIP itu.

"Tapi keputusan ada di ketua umum dan itu adalah keputusan kongres dan semua kader harus ikut," ujar Ganjar.

Dia menyadari pernyataannya siap menjadi calon presiden membuat diskursus di publik. Sehingga Ganjar menerima terguran lisan dari PDIP.

"Maka ketika di antara situasi seperti ini ada statement yang tadi saya sampaikan kemudian menjadi diskursus di publik yang lumayan ramai begitu, kami mendapatkan peringatan. Dan ini sebagai kader saya terima," ujar Ganjar.

"Ini bagian dari disiplin yang tadi disampaikan juga oleh Pak Hasto," pungkasnya.

PDI Perjuangan menjatuhkan sanksi terhadap Ganjar berupa teguran lisan. "Supaya keadilan di partai itu ditegakkan kepada seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke, maka kami, saya sampaikan jatuhkan sanksi. Sanksi teguran lisan kepada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader," ujar Komarudin.

Ganjar diberikan sanksi agar lebih disiplin sebagai kader PDIP. Sebagai kader senior seharusnya Ganjar mengetahui disiplin partai.

"Kenapa begitu? Karena beliau ini bukan kader baru masuk, ini kader senior. Termasuk senior dalam partai. Beliau ini pertama kali masuk di Papua lakukan kaderisasi di sana. Oleh karena itu beliau harus lebih berdisiplin," ujar Komarudin.

(mdk/ray)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
TPN Ganjar-Mahfud: Prabowo Sama Sekali Tak Siap Hadapi Debat Capres

TPN Ganjar-Mahfud: Prabowo Sama Sekali Tak Siap Hadapi Debat Capres

Ganjar Pranowo dinilai lebih siap saat debat kedua capres.

Baca Selengkapnya
Ganjar Tak Ambil Pusing Debat Capres Pakai Podium atau Tidak: Saya Siap Diajak Apa Saja

Ganjar Tak Ambil Pusing Debat Capres Pakai Podium atau Tidak: Saya Siap Diajak Apa Saja

KPU tengah mempertimbangkan sejumlah masukan untuk pelaksanaan debat capres dan cawapres berikutnya, termasuk soal penyediaan podium.

Baca Selengkapnya
PDIP: Ganjar Membumi, Anies Terlalu Akademis dan Prabowo Emosional Saat Debat Capres

PDIP: Ganjar Membumi, Anies Terlalu Akademis dan Prabowo Emosional Saat Debat Capres

PDIP menilai Ganjar mampu memberikan penjelasan secara konkret dan realistis dalam debat kedua capres.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dudung hingga Terawan Hadir Jadi Pendukung Prabowo di Debat Capres Terakhir

Dudung hingga Terawan Hadir Jadi Pendukung Prabowo di Debat Capres Terakhir

Terlihat juga pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty sebagian pendukung paslon 03 Ganjar-Mahfud.

Baca Selengkapnya
Jelang Debat Ketiga, Ganjar-Mahfud Beri Perhatian Khusus pada Keamanan Siber

Jelang Debat Ketiga, Ganjar-Mahfud Beri Perhatian Khusus pada Keamanan Siber

Pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung visi Gerak Cepat Indonesia Unggul

Baca Selengkapnya
VIDEO: Capres Ganjar soal Putusan Sengketa Pilpres

VIDEO: Capres Ganjar soal Putusan Sengketa Pilpres "Momentun MK Tak Buat April Mop"

Capres Ganjar Pranowo berharap hakim MK memutus sidang PHPU 2024 seadil-adillnya pada 22 April mendatang

Baca Selengkapnya
Jelang Debat Capres Pamungkas, PDIP: Ganjar Berpengalaman Sejak Mahasiswa

Jelang Debat Capres Pamungkas, PDIP: Ganjar Berpengalaman Sejak Mahasiswa

Ganjar diyakini mampu menghadapi debat capres terakhir pada 4 Februari nanti

Baca Selengkapnya
PDIP Tanggapi Sindiran Prabowo 'Ndasmu Etik' ke Anies: Tak Ada Gunanya Debat jika Tanpa Etika!

PDIP Tanggapi Sindiran Prabowo 'Ndasmu Etik' ke Anies: Tak Ada Gunanya Debat jika Tanpa Etika!

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi pernyataan ‘Ndasmu etik’ yang dilontarkan Prabowo Subianto usai debat capres dalam Rakornas Gerindra.

Baca Selengkapnya
Jelang Debat Capres Terakhir, Ini Potret Senyum Lebar Anies Disemangati Tetangga Menuju JCC

Jelang Debat Capres Terakhir, Ini Potret Senyum Lebar Anies Disemangati Tetangga Menuju JCC

Capres nomor urut satu Anies Baswedan dilepas para tetangga di kediamannya jelang debat Capres terakhir.

Baca Selengkapnya