Dilantik siang ini, tugas Wakil Ketua DPR Utut Adianto baru akan dibahas

Selasa, 20 Maret 2018 12:37 Reporter : Sania Mashabi
Dilantik siang ini, tugas Wakil Ketua DPR Utut Adianto baru akan dibahas Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan nomenklatur (pembidangan) untuk Utut Adianto akan dibahas setelah adanya pelantikan hari ini (20/3). Pembahasan itu diadakan dalam rapat pimpinan (Rapim).

"Kalau pembidangan pimpinan DPR kan hanya internal. Internal sesama pimpinan DPR saja. Karena setelah dilantik tentunya kita akan menggelar rapat yang pertama. Nunggu dulu fokus rapim, rapat pengganti bamus, kemudian paripurna," kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3).

Taufik belum bisa memastikan bidang yang akan diemban oleh Ketua Fraksi PDIP tersebut. Jika dilihat, kata dia, semua kelengkapan badan sudah tercakup pada empat pimpinan DPR saat ini.

"Karena dari empat wakil ketua yang ada sudah mencakup seluruh alat kelengkapan dan badan. Apakah di split atau ada bidang yang baru? Ini kan juga terkait dengan Undang-Undang MD3," ungkapnya.

Sedangkan, terkait ruangan yang akan digunakan Utut, pimpinan menyerahkan sepenuhnya pada Kesekjenan DPR.

"Tergantung dengan kesekjenan yang ada. Sebagaimana yang telah disampaikan di rapim kemarin bahwa di lantai dua ada beberapa ruang yang kosong. Saya dulu juga pernah di lantai dua karena pada saat renovasi kan. Jadi engga ada masalah hanya saja nanti kita serahkan ke kesekjenan teknisnya," tandasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi menunjuk ketua fraksinya Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR setelah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) berlaku. nama Utut juga telah disampaikan PDIP ke Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Pelantikan wakil ketua DPR yang baru akan dilaksanakan Selasa (20/3) besok.

"Saya ucapkan terima kasih PDIP yang segera kirim nama kader terbaiknya Pak Utut dan MPR Pak Basarah," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/3). [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini