Bamsoet sebut PDIP dapat jatah satu kursi pimpinan di DPR dan MPR

Selasa, 16 Januari 2018 15:46 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Bamsoet sebut PDIP dapat jatah satu kursi pimpinan di DPR dan MPR Bambang Soesatyo . merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo mengatakan pembahasan revisi UU MD3 soal penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR sudah hampir mencapai kesepakatan. Pimpinan DPR kemungkinan akan bertambah 1 kursi untuk PDIP dan MPR bertambah 2 kursi.

Satu kursi di MPR akan diperuntukkan bagi PDIP. Sementara 1 kursi MPR lainnya belum diputuskan.

"Sudah hampir putus satu di DPR, dua di MPR," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menuturkan, komunikasi dengan fraksi-fraksi partai di DPR akan terus dilakukan untuk mencapai titik temu. Dia memastikan pembahasan revisi UU MD3 akan selesai pada masa sidang sekarang.

"Pasti, yang pasti masa sidang ini selesai. kalau tidak tercapai kita pakai mekanisme lain," terangnya.

Fraksi Partai NasDem mengusulkan UU MD3 dilakukan secara menyeluruh tidak terbatas pada penambahan kursi pimpinan DPR milik PDIP. Bamsoet menuturkan, pembahasan tidak dilakukan secara menyeluruh karena hanya ada dua pasal yang diubah.

"Enggak langsung menyeluruh. Kan perubahannya hanya dua pasal mendesak satu penambahan kursi pimpinan DPR/MPR satu lagi soal proposional 20019. Sama penambahan personel di MKD," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai penambahan satu kursi pimpinan DPR untuk PDIP lebih memungkinkan ketimbang lebih dari satu dalam revisi UU MD3. Dia mendorong agar setiap fraksi kembali berkomunikasi jika keputusan soal penambahan jumlah kursi pimpinan DPR belum bulat.

"Menurut saya apabila yang di awal yang ditambah satu barangkali masih memungkinkan tapi kalau lebih dari satu yg harus kita bicarakan lebih detail karena tentu akan menjadi lebih sulit ya," kata Agus.

Di lain hal, Agus mengaku belum mendapat laporan soal surat audiensi dari Baleg kepada pemerintah membahas usulan-usulan fraksi soal penambahan kursi pimpinan DPR. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini