Wapres Jusuf Kalla bakal terima penghargaan bidang sosial dari UNS

Kamis, 1 Maret 2018 18:25 Reporter : Arie Sunaryo
Jumpa pers Dies Natalis UNS. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) bakal menerima penghargaan tertinggi dalam bidang sosial dan kemanusiaan dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo. Penghargaan yang sering disebut UNS Award tersebut akan diserahkan saat puncak acara Dies ke-42 pada 12 Maret mendatang.

"UNS Award 'Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya' akan kita serahkan kepada Wakil Presiden Bapak H Muhammad Jusuf Kalla pada sidang senat terbuka tanggal 12 Maret nanti," ujar Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi, Rabu (1/3).

Ravik menjelaskan, award yang diserahkan tersebut merupakan penghargaan tertinggi UNS untuk bidang sosial dan kemanusiaan. Ravik menilai, kiprah Jusuf Kalla dalam bidang sosial dan kemanusiaan tidak diragukan lagi.

"Beliau ini merupakan sosok penting dibalik upaya mendamaikan konflik di Ambon, Poso, dan juga Aceh. Doktor Kehormatan bidang sosiologi agama dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar itu tidak hanya berteori, tetapi juga terjun langsung," jelas Ravik.

Dalam bidang sosial, lanjut Ravik, JK pernah memimpin Palang Merah Indonesia. Dalam organisasi tersebut JK banyak melakukan terobosan untuk memajukan PMI. Selain itu, JK juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid.

"Ketokohan pak JK sudah tidak diragukan lagi. Saya sudah menghadap dan beliau siap hadir pada tanggal 12 Maret itu," jelasnya lagi.

Ravik menambahkan, tema dies natalis UNS tahun ini adalah 'Pengembangan Kreatifitas Perguruan Tinggi Menuju Otonomi Kampus'. Menurutnya, tema tersebut diambil karena kreatifitas merupakan modal penting bagi UNS yang sedang menyongsong perubahan status menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini