Wali Kota Solo Usulkan Tahun Ajaran Baru Dimulai Januari

Jumat, 29 Mei 2020 18:06 Reporter : Arie Sunaryo
Wali Kota Solo Usulkan Tahun Ajaran Baru Dimulai Januari Wali Kota Solo Siapkan infrastruktur pendidikan jelang New Normal. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar tahun ajaran baru dimulai bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember. Dengan demikian penyesuaian anggaran juga akan lebih mudah.

"Mudah-mudahan pelaksanaan KBM (kegiatan belajar mengajar) bisa dilaksanakan seperti dulu, dimulai tahun ajaran bulan Januari, berakhir Desember," ujar Rudy disela mempersiapkan infrastruktur new normal di SMP Negeri 4, Solo, Jumat (29/5).

Sehingga, lanjut Rudy, tahun ajaran dan tahun anggaran bisa dilaksanakan secara bersamaan. Dengan demikian dinas pendidikan lebih mudah dan tidak kesulitan untuk mengurus pengelolaan keuangan. Baik pengelolaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), BPMKM (Bantuan Pendidikan Masyarakat Kurang Mampu) maupun bantuan lainnya.

"Usul saya kepada bapak Presiden, dengan penerapan KBM New Normal, sekalian penerapan tahun ajaran dengan tahun anggaran, itu new normal semua," terang Rudy.

1 dari 1 halaman

Menurut Rudy, penerapan tahun anggaran dan tahun ajaran secara bersamaan juga dilakukan di hampir semua negara. Hanya Indonesia yang memulai tahun ajaran baru pada bulan Juli. Rudy yakin dengan penerapan tahun ajaran baru bulan Januari tersebut pendidikan di Indonesia akan lebih berhasil. Apalagi, libur siswa juga akan lebih teratur.

Terkait persiapan infrastruktur yang akan diterapkan di sekolah saat diberlakukan tatanan baru atau new normal ditengah pandemi covid-19, Rudy mengaku terus melakukan eksperimen. Khususnya dalam hal penataan meja siswa.

Karena jika dipaksakan seluruh siswa harus masuk, maka diperlukan penambahan belanja infrastruktur. Hal tersebut agar sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita tetap akan mencoba terus, bagaimana supaya KBM dengan pola new normal ini bisa dilaksanakan," pungkas dia. [ray]

Baca juga:
Pedoman New Normal untuk Pemda: Penentuan Zona Covid-19 Berdasarkan Nilai
Banyak Masjid di Kota Bekasi Sudah Dibuka untuk Salat Jumat
Kebanjiran Proyek, PT INTI Siapkan 5 Skenario Kenormalan Baru
Kadin Sebut 6 Juta Pekerja Dirumahkan dan Kena PHK Akibat Corona
Bulog Resmi Terapkan Protokol Kenormalan Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini