Viral WNA Duduk di Pelinggih Pura, Dinas Pariwisata Bali Panggil Asosiasi Guide

Rabu, 5 Oktober 2022 22:00 Reporter : Moh. Kadafi
Viral WNA Duduk di Pelinggih Pura, Dinas Pariwisata Bali Panggil Asosiasi Guide Ilustrasi pura. ©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Merdeka.com - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali Tjok Bagus Pemayun sangat menyayangkan, terulangnya peristiwa wisatawan warga negara asing (WNA) yang naik dan duduk di pelinggih di Pura Teratai Bang, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Ia pun terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait peristiwa itu.

"Saya sudah koordinasi dengan Kadis Pariwisata Tabanan, agar segera itu diatensi perlu dicek kembali seperti apa. Tentu, sangat menyayangkan terjadi lagi karena memang kita sudah mengingatkan para pihak agar tetap berkoordinasi dengan para pengelola daya tarik pariwisata, khususnya yang masalah pura ini," kata dia di Sanur, Denpasar Selatan, Bali, Rabu (5/10).

Ia juga menyebutkan, bahwa peristiwa tersebut harus sangat diperhatikan, terutama bagi para travel agent dan guide wisatawan asing. Peristiwa serupa tidak boleh terulang.

"Saya juga sering (katakan) kepada para (asosiasi) guide, sudah saya sampaikan agar betul-betul dalam menyikapi hal itu diperhatikan sekali. Karena Bali pariwisata budaya, apalagi itu masalah simbol-simbol agama Hindu yang sangat kita hormati dan disucikan di tempat itu," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Identitas Belum Diketahui

Ia juga menyebutkan bahwa soal permasalahan tersebut agar cepat diselesaikan. Pihaknya masih menunggu laporan dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan.

Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui identitas WNA tersebut dan apakah dia ke pura bersama guide. Menurutnya, guide yang memiliki lisensi sudah mengetahui aturan-aturan bagi wisatawan asing yang berlibur ke Pulau Dewata.

Pihaknya juga akan kembali mengumpulkan asosiasi guide, Asita, serta Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) agar kejadian tersebut tidak kembali terulang.

"(Identitasnya) belum saya dapat dan itu katanya sudah lama. Saya mau kumpulkan lagi asosiasi guide dan Asita, terutama HPI saya ajak bicara urusan begini," ujarnya

Seperti yang diberitakan, sebuah foto warga negara asing (WNA) yang naik dan duduk di pelinggih di kawasan Kebun Raya Bali, Kabupaten Tabanan, Bali, viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Pura Teratai Bang, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali.

Insiden yang bikin heboh itu dimulai dari foto yang diunggah di akun @dreamchaser_travelling di Instagram. Foto itu menampilkan seorang bule mengenakan baju putih dan memakai sepatu duduk di pelinggih Pura Teratai Bang dan netizen Bali mengecam ulah bule yang dianggap tidak menghormati adat istiadat dan agama Hindu yang dianut masyarakat Bali. [yan]

Baca juga:
Viral Foto Bule Duduk di Pelinggih Pura, Ini Hasil Penyelidikan Polisi
Bule Australia Tewas di Kuta, Tetangga Sempat Cium Aroma Alkohol
Jokowi Sebut Wisatawan Asing ke Indonesia Naik Dua Kali Lipat Dibanding 2021
WNA Rusia Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Ubud Bali, Ada Lebam Bagian Kepala
Kelakuan Aneh Bule di Bali, Jadi Gelandangan hingga Panjat Pohon Kramat
Kerap Makan Nasi Padang Tanpa Bayar dan Mengemis di Bali, WN India Dideportasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini