TNI Siapkan Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19 di Pulau Galang

Selasa, 10 Maret 2020 03:31 Reporter : Fikri Faqih
TNI Siapkan Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19 di Pulau Galang Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. ©2020 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Rumah Sakit bekas pengungsi Vietnam di Pulau Galang, Kepulauan Riau akan digunakan untuk menangani pasien kasus Covid-19. TNI berencana menyiapkan seribu tempat tidur untuk pasien dalam kasus Covid-19 atau Virus Corona.

"Kami siapkan sesuai instruksi Panglima TNI tentang rencana optimalisasi RS di Pulau Galang," kata Wakil Kepala Pusat Kesehatan TNI, Marsekal Pertama Didik Kestito pada Rapat Koordinasi penanganan COVID-19 di Kantor Staf Presiden (KSP), Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (9/3).

Dari 1.000 tempat tidur pasien tersebut, 900 kasur terdapat di ruang perawatan observasi biasa untuk digunakan pasien dengan kategori ODP (Orang Dalam Pemantauan). Sementara, 80 tempat tidur ditempatkan di ruang observasi bertekanan negatif untuk pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Sisanya, sejumlah 20 tempat tidur untuk ruang gawat darurat atau ICU (Intensive Care Unit).

Sementara itu, Plt Deputi V KSP Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan HAM, Jaleswari Pramodawardhani mengatakan, rakor dilakukan untuk mengukur kesiapan jajaran TNI dan Polri untuk menghadapi wabah Covid-19.

"Korban yang terinfeksi sudah ada enam orang, kira kira apa kesiapan dan yang akan kita lakukan ke depan, dalam mengantisipasi skenario terburuk," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini