Tinggalkan Tunangan di Hari Pernikahan, Calon Pengantin Dilaporkan Kasus Asusila

Selasa, 24 Mei 2022 15:54 Reporter : Irwanto
Tinggalkan Tunangan di Hari Pernikahan, Calon Pengantin Dilaporkan Kasus Asusila Calon pengantin wanita saat duduk di pelaminan. ©2022 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Kasus calon pengantin di Palembang, DH (16) yang ditinggalkan tunangannya AAH (17) di hari pernikahan berujung ke persoalan hukum. Pemuda itu diadukan ke polisi.

Kasus yang dilaporkan bukan karena penipuan dan perbuatan tidak menyenangkan. AAH dilaporkan atas dugaan melakukan persetubuhan dengan anak di bawah umur.

Laporan dibuat DH didampingi keluarganya ke SPKT Polda Sumatera Selatan, Senin (23/5). Kasus itu tengah diselidiki.

2 dari 5 halaman

Terlapor Segera Diperiksa

Kasubbid Penmas Humas Polda Sumsel AKBP Erlangga mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan keterangan saksi dan pemeriksaan terlapor, termasuk mengumpulkan bukti, untuk meningkatkan statusnya menjadi penyidikan.

"Benar, yang bersangkutan melapor dugaan persetubuhan anak di bawah umur. DH sebagai pelapor sekaligus korban dan AAH sebagai terlapor," ungkap Erlangga, Selasa (24/5).

Namun, Erlangga enggan menyebutkan lebih detail terkait isi laporan itu. Dia hanya memastikan penyidik akan memproses laporan dan menjadikan terlapor sebagai tersangka jika cukup alat bukti.

3 dari 5 halaman

Keluarga Terancam Jerat Hukum

Tak hanya AAH, kata Erlangga, keluarganya pun dapat dijerat hukum jika turut terlibat. Mereka bisa dikenakan turut serta dalam perbuatan jahat.

"Kita lihat proses penyelidikannya, jika memenuhi unsur bisa jadi tersangka. Sekarang disiapkan dulu panggilan pemeriksaan," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, akad nikah disambung resepsi seyogianya digelar di kediaman DH di Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang, Minggu (22/5). Hingga acara usai, calon pengantin laki-laki dan keluarga tak kunjung datang, sehingga DH duduk sendirian di pelaminan.

4 dari 5 halaman

AAH Pergi ke Bandung

Ibu DH, RS (35), bercerita kabar kepergian AAH dia terima dari teman calon mempelai laki-laki. Namun keluarga masih belum percaya karena menilai tidak semudah itu orang mengambil keputusan.

Namun pikiran positif itu terbantahkan ketika orang tua AAH datang ke rumah, Sabtu (21/5). Dengan santai, keluarga AAH memberi tahu anaknya kabur ke Bandung, Jawa Barat, sehari sebelumnya dan memilih membatalkan pernikahan.

"Orang tua AAH datang dan bilang anaknya pergi Jumat kemarin dan kami baru dikabari Sabtu. Mereka merasa tidak bersalah sedikit pun meski hari H tinggal sehari," ungkap RS, Senin (23/5).

Masih menaruh harapan AAH pulang dan hadir di pernikahan, keluarga DH tetap melangsungkan sedekahan keesokan harinya. Terlebih mereka sudah menyebar 200 undangan jauh hari sebelumnya.

Seharian DH menangis di atas pelaminan. Dia tidak menyangka nasibnya tragis ditinggal kekasih di hari pernikahan.

"Sedekahan masih kami langsungkan, anak saya duduk di pelaminan. Karena kasihan, keluarga mendampinginya sampai acara selesai," kata dia.

5 dari 5 halaman

Kabur karena Motor Digadaikan

Dari informasi temannya, AAH kabur karena kesal orang tuanya menggadaikan sepeda motor kesayangannya untuk biaya pernikahan. Namun, AAH justru meminta DH menggantinya dengan ancaman akan mengurungkan menikahi tunangannya itu.

"Seminggu kemarin, AAH kirim chat ke anak saya, dia marah-marah karena motor digadaikan orang tuanya, dia nyalahin anak saya. Dia minta diganti dan kalau anak saya tidak mau, dia batalin nikah," kata dia.

Informasi yang diterimanya, orang tua AAH memang terpaksa merestui pernikahan itu. Mereka awalnya tidak menerima karena ingin anaknya menikah dengan wanita bergelar sarjana.

"Orang tua AAH itu ASN (aparatur sipil negara), maunya dapat menantu sarjana. Makanya mereka tidak mau menanggung seluruh biaya nikah dan gantinya menggadaikan motor anaknya," terangnya. [yan]

Baca juga:
Calon Pengantin Wanita di Palembang Duduk Sendiri di Pelaminan
Ini Alasan Pemuda Palembang Tega Tinggalkan Tunangan Sendirian di Pelaminan
Viral Remaja 16 Tahun Dilamar Pria Paruh Baya, Ekspresi Wajahnya Jadi Sorotan
Viral Mempelai Menikah di Hadapan Ibunda yang Tengah Sakit, Penuh Tangisan
Sejoli Akad Nikah di Depan Ortu yang Terbaring Sakit, Ini Videonya Banjir Air Mata
Viral Kakek 71 Tahun di Subang Nikahi Gadis 19 Tahun, Ini 5 Faktanya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini