Terlibat Pidana, 17 Polisi di Kalsel Dipecat

Senin, 31 Desember 2018 17:13 Reporter : Saud Rosadi
Terlibat Pidana, 17 Polisi di Kalsel Dipecat Ilustrasi Polisi. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengawasan dan pembinaan internal anggota Polri di wilayah Polda Kalimantan Selatan, dinilai berbuah hasil. Sehingga hanya ada 178 polisi melanggar disiplin. Kendati demikian, tahun ini, ada 17 polisi dipecat, gara-gara melakukan tindak pidana.

Pengawasan dan pembinaan internal polisi di Kalsel, dilakukan Irwasda, bidang Propam, dan bidang pembinaan hukum Polda Kalsel, menekan tindak pelanggaran disiplin sepanjang tahun ini.

"Kalau tahun 2017 ada 261 orang langgar disiplin, tahun ini berhasil kita tekan menjadi 178 orang. Pun demikian dengan pelanggar kode etik. Dari 22 orang di 2017, menjadi 18 oramg di 2018," kata Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Yazid Fanani dalam keterangan tertulis saat rilis akhir tahun 2018 di Mapolda Kalsel, Senin (31/12).

Namun demikian, sebaliknya, pada pelanggaran tindak pidana anggota Polri di Kalimantan Selatan, sepanjang 2018 ini menurut Yazid justru meningkat hingga 200 persen, di banding tahun 2017 lalu. "Pelanggaran pidana tahun ini oleh anggota Polri di wilayah Polda Kalsel, ada 13 orang. Tahun 2017 lalu, ada empat orang. Jadi, bertambah sembilan orang," ujar Yazid.

Dijelaskan juga, Polri juga harus memecat belasan personelnya di wilayah Polda Kalimantan Selatan. "Jumlahnya juga bertambah tiga orang. Dari 14 orang diberhentikan tidak dengan hormat di tahun 2017, tahun ini menjadi 17 orang," ungkap Yazid.

Yazid menegaskan, dia sebagai orang nomor satu di kepolisian Kalimantan Selatan, juga terus mewanti-wanti personelnya, kembali kepada tugas pokok sebagai anggota Polri.

"Saya selalu menyampaikan kepada anggota tentang tugas pokok Polri agar Polri bisa memberikan pelayanan optimalnya kepada masyarakat, yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Ada reward dan punishment terhadap kinerja anggota Polri," demikian Yazid. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Polisi Kriminal
  3. Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini