Terbang ke Riau, Jokowi dan Jajaran Menteri Rapat Khusus Bahas Kabut Asap

Senin, 16 September 2019 16:40 Reporter : Merdeka
Terbang ke Riau, Jokowi dan Jajaran Menteri Rapat Khusus Bahas Kabut Asap Pandangan Udara Karhutla di Riau. ©2019 BNPB/Istimewa

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto hari ini bersama Presiden Joko Widodo Jokowi serta jajaran kementerian lainnya terbang ke Riau. Mereka akan menggelar rapat sekaligus memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang masih terus terjadi.

"Malam ini langsung rapat Karhutla. Besok baru beliau dan kami-kami akan meninjau di lapangan," ucap Wiranto di Jakarta, Senin (16/9).

Menurutnya, Presiden ingin langsung melihat dan mendapat laporan soal kabut asap paling parah di Riau. "Ini menunjukan bahwa Presiden sendiri yang merasa sangat prihatin tentang hal ini, dan memberikan perhatian khusus, sampai beliau ingin langsung melihat, langsung meninjau, dan ingin mendapatkan laporan di daerah-daerah yang rawan kebakaran," jelasnya.

Adapun, masih kata dia, nanti malam Presiden dan jajaran menteri akan langsung rapat.

"Nanti malam akan dilakukan rapat Karhutla di Pekanbaru. Tentu lebih detail para menteri diminta untuk laporan tentang bagaimana upaya-upaya yang sudah dilakukan, ya tentu hal apa yang masih perlu dilakukan. Sehingga, penanggulangan kebakaran hutan ini dapat betul-betul dilaksanakan secara maksimal," jelas Wiranto.

Menurut dia, yang akan hadir di Pekanbaru di antaranya, Menko PMK, Menteri LHK, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB. "Ya menteri-menteri dan lembaga terkait langsung dengan masalah kebakaran hutan. Saya kira lengkap nanti," ungkap Wiranto.

Selain mendengarkan pemaparan yang lebih jauh dari para menteri, pihak pemerintah Indonesia tak ingin kabut asap akibat dampak Karhutla ini dirasakan juga oleh negara lain.

"Jangan sampai ada asap-asap yang nyeberang negara tetangga. Terutama yang tentu menimbulkan permasalahan antar-negara," ungkap Wiranto.

Dia pun meminta awak media menunggu hasil peninjauan dan rapat hari ini.

"Nanti bagaimana hasilnya, bagaimana hasil peninjauan, apa yang kira-kira akan diberikan di pemerintah pusat untuk membantu itu? Nanti kita tunggu pada saat malam nanti," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta

Sumber: Liputan6.com [did]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini