Tanggul Jebol Timpa Pemukiman Warga, Satu Orang Tewas Tertimbun di Banjarnegara

Minggu, 3 November 2019 00:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Tanggul Jebol Timpa Pemukiman Warga, Satu Orang Tewas Tertimbun di Banjarnegara Tanah Longsor di Banjarnegara. ©2019 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Saluran irigasi sepanjang 15 meter di Kampung Tamansari RT 4 RW I Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara ambrol menimpa rumah warga. Akibatnya satu warga Desa Plumbungan, Pagentan, meninggal Winoto (45) kibat tertimbun longsor, Sabtu (2/12).

Korban luka-luka yakni Sabar Hadi Rahyanto, warga Desa Pagentan RT 2/RW III, Kecamatan Pagentan dan Darto (50) warga Dukuh Windusari Desa Sokaraja, Pagentan.

"Kita datang langsung evakuasi korban dua luka-luka dan satu meninggal. Untuk tanggul jebol ada dugaan arus sungai deras tidak kuat hingga menimpa rumah warga," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara, Agus Haryono, Sabtu (2/11).

Dia menyebut saluran irigasi yang ambrol berada tepat di atas pemukiman warga setempat. Irigasi tersebut dibuat oleh warga menjadi tanggul karena melewati beberapa kampung dan RT.

"Jadi yang ambrol itu panjangnya 15 meter dan lebarnya 20 meter. Sehingga dua rumah di bawahnya tertimbun tanah. Untuk saat ini ketiga korban sudah dibawa ke RSUD untuk mendapat penanganan lebih lanjut," terangnya.

Sampai saat ini petugas gabungan bersama Dinas PU Pengairan mulai membersihkan material longsoran tanah. Saluran irigasi yang ambrol telah ditutupi tanah untuk membendung aliran air supaya tidak masuk ke selokan sekitar rumah warga.

"Sementara ini kita bendung dulu irigasinya biar bisa diperbaiki," ujar Agus.

Agus menambahkan terdapat dua KK yang terpaksa diungsikan ke rumah saudaranya karena dikhawatirkan muncul longsoran susulan.

"Kita sudah minta dua KK untuk mengungsi karena kemungkinan masih terjadi bencana longsor susulan saat hujan deras," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Tanah Longsor
  2. Banjarnegara
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini