Tak punya waktu, alasan eks Auditor BPK tak lapor harta kekayaan

Rabu, 31 Januari 2018 17:48 Reporter : Yunita Amalia
Tak punya waktu, alasan eks Auditor BPK tak lapor harta kekayaan Rochmadi Saptogiri. ©2017 merdeka.com/yunita amalia

Merdeka.com - Eks Auditor badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri jalani pemeriksaan sebagai terdakwa dalam sidang kasus suap terkait opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Dalam sidang, jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi harta kekayaan Rochmadi yang tidak dilaporkan.

Rochmadi beralasan tidak melapor harta kekayaannya karena tidak memiliki cukup waktu datang ke KPK untuk melapor harta kekayaannya.

"Saya kan sudah bilang, saya tidak sempat," ujar Rochmadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (31/1).

Dalam catatan harta kekayaan yang dilaporkan, sebagian besar harta kekayaan yang dilaporkan Rochmadi berbentuk uang. Sementara, data yang dimiliki jaksa penuntut umum, Rochmadi memiliki sejumlah aset berupa tanah, mobil, dan beberapa berlian yang tidak dilaporkan.

Selain mempertanyakan harta kekayan yang tidak dilaporkan, jaksa penuntut umum juga mempertanyakan proses pembelian mobil Honda Oddysey oleh Rochmadi. Sebab, dalam pembeliannya, Rochmadi menggunakan identitas palsu dengan nama Andika.

"Mohon maaf itu bagian dari kekeliruan saya. Di penyidikan juga saya bilang enggak mungkin KTP itu bisa untuk STNK," ujar Rochmadi.

"Apa sudah direncanakan mau beli mobil?" tanya jaksa.

"Tidak," ujar Rochmadi.

Seperti diketahui, Rochmadi Saptogiri didakwa menerima suap Rp 240 juta bersama-sama dengan Ali Sadli terkait pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian terhadap Kemendes PDTT. Jaksa juga mendakwa Rochmadi melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang, serta menerima gratifikasi sebesar Rp 3,5 miliar. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini