Selama 6 bulan, Bea Cukai gagalkan penyelundupan 3,7 ton narkoba

Jumat, 27 Juli 2018 20:16 Reporter : Purnomo Edi
Selama 6 bulan, Bea Cukai gagalkan penyelundupan 3,7 ton narkoba Direktur Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea Cukai Wijayanta menggelar konferensi pers. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan selama semester I tahun 2018 berhasil menggagalkan penyelundupan 3,7 ton narkoba ke Indonesia. Narkoba sejumlah itu merupakan hasil penindakan sebanyak 243 kali oleh 32 kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia.

"Secara nasional pada Januari-Juli 2018, sebanyak 243 penindakan terkait narkotika, dengan barang bukti sebanyak 3,7 ton. Penindakan tersebut dilakukan oleh 32 kantor Bea Cukai di daerah dengan rincian penindakan upaya penyelundupan melalui transportasi udara 116 kali, jasa paket atau pos 95 kali, dan transportasi laut 27 kali penindakan," ujar Direktur Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea Cukai, Wijayanta di Kantor Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DIY, Jumat (27/7).

Wijayanta menerangkan dari penindakan yang dilakukan, pihaknya melakukan pengembangan kasus bersama dengan jajaran aparat hukum lainnya. Dari pengembangan ini sebanyak 248 orang diamankan.

"Ada 248 orang yang diamankan dengan barang bukti paling banyak sabu-sabu. Para tersangka itu 77 persen merupakan warga negara Indonesia dan sisanya warga negara asing," urai Wijayanta.

Wijayanta menambahkan dari data itu, perlu ada peningkatan kewaspadaan bersama. Sebab, masuknya narkoba ke Indonesia justru lebih banyak melibatkan WNI.

"Ini menjadi kewaspadaan bersama. Karena banyak yang terlibat jaringan justru WNI. Bukan semata soal jumlah barang bukti atau penindakannya. Tapi dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkotika, terhadap generasi penerus bangsa," tutup Wijayanta. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini