Selain balon udara, layang-layang, drone dan laser jadi ancaman serius penerbangan

Rabu, 11 Juli 2018 15:37 Reporter : Kirom
Selain balon udara, layang-layang, drone dan laser jadi ancaman serius penerbangan Proyek perluasan Bandara Soekarno Hatta. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Air Navigation terus berupaya meningkatan keamanan dan keselamatan lalu lintas udara guna meminimalkan adanya insiden dalam penerbangan pesawat. Saat ini, sejumlah ancaman serius sisi keselamatan dan keamanan udara masih kerap ditemui.

Pemicunya berbagai macam, di antaranya penerbangan balon udara, sinar laser, layang-layang dan drone yang dilakukan oleh kalangan masyarakat umum.

"Kami terus berupaya mensosialisasikan ini kepada masyarakat, Potensi yang paling bahaya itu penggunaan laser oleh masyarakat di sekitar Bandara Soekarno Hatta," kata Manager Humas Air Navigation, Yohanes Sirait, dalam diskusi di Hotel Golden Tulip, Jalan Sudirman, Kota Tangerang, Rabu (11/7).

Bahayanya, sinar laser yang dimainkan oleh kalangan umum dapat mengganggu jarak pandang pilot ketika hendak melakukan pendaratan.

"Saat landing ini juga perlu skil yang matang, kalau konsentrasi pilot terganggu ini sangat berbahaya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga masih menerima laporan terkait adanya warga yang bermain layang-layang dan drone di area sekitar bandara.

"Mainnya bukan di Bandara, tapi ini terbang tinggi dan mengganggu penerbangan," kata dia.

Untuk itu, pihaknya mengaku terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dibantu Pemda setempat dalam memberikan pemahaman, mengenai sisi keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Kami akan lakukan komunikasi yang rutin dengan Pemda. Kami ini kan hanya sebatas operator. Jadi tidak bisa merazia masyarakat yang bermain laser, layangan, dan drone. Tapi terus dilakukan sosialisasi serta pencegahan," kata dia. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini