Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia

Minggu, 29 Maret 2020 20:09 Reporter : Mochammad Iqbal
Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia Virus Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pasien yang positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Minggu (29/3) dini hari meninggal dunia. Pasien yang meninggal diketahui merupakan satu di antara empat orang yang berada di klaster Lembang dan dikonfirmasi positif usai menjalani rapid diagnostic test (RDT) pada Sabtu (28/3).

"Positif RDT tadi malam, Minggu pukul 01.00 WIB meninggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, Minggu (29/3).

Uus mengungkapkan, dalam proses pengurusan jenazah sempat terjadi penolakan saat hendak dikremasi. “Kita juga sempat negosiasi dengan masyarakat setempat tapi tidak berhasil. Akhirnya jenazah diurus dengan cara dikubur,” ungkapnya.

Ia mengaku sangat menyayangkan dengan masih adanya penolakan jenazah pasien Covid-19. Hal serupa pun disebutnya sempat terjadi kasus serupa saat pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia hendak dikuburkan.

“Petugas sudah melakukan pengurusan jenazah sesuai standar operasi prosedur sehingga virus dari jenazah tidak akan menularkan ke luar. Itu saya tahu persis, rumah sakit sudah melakukan sesuai prosedur," akunya.

1 dari 1 halaman

Dengan adanya kejadian penolakan jenazah pasien Covid-19, Uus menyebut bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal itu. Masyarakat tak perlu khawatir karena pelaksanaan pengurusan jenazah pasien Covid-19 dilakukan dengan sangat ketat, sebutnya.

Ia sendiri berharap agar masyarakat lebih paham dan tidak panik berlebihan karena jenazah pasien Covid-19 dipastikan sudah diurus dengan baik. "Kalau begini, petugas kasian karena berpakaian lengkap. Mohon masyarakat memahami," harapnya.

Dengan meninggalnya satu pasien positif Covid-19, maka saat ini terdapat empat pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit di Kota Tasikmalaya.

Sementara untuk PDP, telah ada 11 kasus yang tercatat, di mana satu pasien di antaranya meninggal dunia, enam masih dirawat, dan empat selesai pengawasan. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) tercatat bertambah menjadi 282 kasus.

"Mudah-mudahan tidak bertambah lagi," tutupnya. [rnd]

Baca juga:
Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau
Beredar Dokumen 'Data Lokasi Penyekatan' di Jaksel, Begini Penjelasan Polisi
Virus Corona di Balikpapan Menyebar Lewat Transmisi Lokal
Pesan Para Musisi untuk Hadapi Corona, Mulai Iwan Fals hingga Didi Kempot
Jakarta Disarankan Lockdown Mulai dari Tingkat RT

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini