Sambangi Rumah Ma'ruf, Pimpinan MPR Sampaikan Prosesi Pelantikan

Selasa, 15 Oktober 2019 19:33 Reporter : Nur Habibie
Sambangi Rumah Ma'ruf, Pimpinan MPR Sampaikan Prosesi Pelantikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyambangi kediaman Wakil Presiden terpilih 2019-2024 Ma'ruf Amin. Ia tiba sekira pukul 18.50 WIB dengan menggunakan batik berwarna biru.

"Sebagaimana protokoler kedatangan kami adalah menyampaikan undangan kepada beliau bahwa kami sudah siap untuk menyelenggarakan pelantikan bagi beliau sebagai wakil presiden terpilih hasil pemilu 2019 untuk periode 2019-2024," kata Bamsoet sapaan akrabnya, Jakarta, Selasa (15/10).

Ia mengungkapkan, dalam pertemuan malam ini juga untuk membahas kesiapan MPR dalam pelantikan presiden-wakil presiden dari segi keamanan. Selain itu, juga akan memberitahukan prosesi selama pelantikan.

"Ya pasti, kesiapan keamanan juga akan kami sampaikan ke Pak Ma'ruf Amin termasuk urutan acara yang akan kami laksanakan besok. Tentu saya buka nanti penyampaian bahwa pembukaan paripurna saya sebagai ketua MPR yang akan membuka kemudian nanti ada pembacaan doa oleh imam Masjid Istiqlal, kemudian acara pengambilan sumpah oleh Mahkamah Agung atas presiden dan wapres terpilih lalu ada pidato perdana presiden terpilih RI. Sebelumnya ada pembacaan hasil keputusan KPU sebagai pemenang pilpres," ungkapnya.

Selain untuk mengundang Ma'ruf pada 20 Oktober 2019 mendatang. Ia bersama dengan pimpinan MPR RI lainnya juga untuk meminta masukan terkait tugas mereka sebagai wakil rakyat.

"Yang kedua kesempatan ini tentu tidak akan kami lewatkan sebagai pimpinan MPR untuk menerima masukkan dari beliau terkait dengan tugas kami penjaga konstitusi," ujarnya.

Ia menyebut, dalam kunjungan ke rumah Ma'ruf Amin ini tidak semua hadir. Karena, hanya ada satu orang yang tak bisa hadir karena ada keperluan lain.

"Hari ini komplet kecuali Ibu Reri barangkali karena masih ada acara dengan ketua umum NasDem mungkin agak terlambat," sebutnya. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini