Saat tali tiang bendera putus, Jhoni sedang berada di kamar mandi

Jumat, 17 Agustus 2018 18:12 Reporter : Ananias Petrus
Saat tali tiang bendera putus, Jhoni sedang berada di kamar mandi Jhoni Gala. ©2018 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Aksi heroik Yohanes Andigala, siswa SMPN Silawan kelas 7, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendadak viral. Jhoni, begitu panggilannya, nekat memanjat tiang bendera setinggi belasan meter demi mengambil simpul tali bendera yang putus dan terkunci di ujung tiang.

Peristiwa itu terjadi saat upacara Hari Kemerdekaan digelar di wilayah perbatasan RI-Timor Leste, tepatnya pesisir Pantai Mota'ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT, Jumat (17/8).

Jhoni mengaku sesaat sebelum memanjat dirinya tengah berada di kamar mandi.

Ia langsung sigap dan spontan berlari masuk ke lokasi mendengar para peserta upacara gabungan se-kecamatan Tasifeto Timur berteriak riuh lantaran tali putus dan simpulnya tertinggal di puncak tiang.

"Waktu kejadian saya lagi di dalam kamar mandi karena sakit perut saat upacara. Saya dengar bilang tali bendera putus jadi saya langsung keluar, buka sepatu dan langsung panjat tiang bendera," ceritanya melalui telepon.

Tidak ada rasa takut yang dirasakan Jhoni saat memanjat. Ia menegaskan tidak ada yang memintanya untuk memanjat. Jiwa nasionalismenya tergerak begitu melihat tali putus dan upacara pun terpaksa dihentikan.

"Saya sendiri yang panjat tidak ada yang suruh. Walau tiang tinggi dan bergoyang saat saya panjat, tapi saya tidak takut saya berusaha untuk sampai puncak dan bawa turun tali dan upacara bendera dilanjutkan," ujar Jhoni.

Berbekal pengalamannya memanjat pinang dan pohon asam untuk dijual membantu orang tuanya, Jhoni Gala berusaha mencapai puncak tiang, walau ada yang menggunakan pengeras suara menyuruh Jhoni untuk turun.

"Saya biasa panjat pinang dan asam pas pulang sekolah jadi itu hal biasa, saya turun bawa ujung tali langsung pak wakil bupati panggil saya dan minta terimakasih. Pak wakil bilang hari senin ke kantor bupati," akunya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini