Ridwan Kamil Minta Perusahaan Tak Mampu Bayar THR Buka Neraca Keuangan

Senin, 12 April 2021 20:23 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Minta Perusahaan Tak Mampu Bayar THR Buka Neraca Keuangan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memimpin Rakor Komite Penanganan Covid-19. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta perusahaan menyiapkan diri untuk membayarkan tunjangan hari raya (THR) pegawai. Namun, perusahaan yang tidak sanggup menunaikan kewajiban karena alasan finansial harus menyampaikannya secara terbuka.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta para pegawai bisa aktif melaporkan jika ada pelanggaran dari perusahaan mengenai THR. Pihak pemerintah akan menjadi jembatan untuk kedua belah pihak menemukan solusi.

“Sesuai arahan tolong (perusahaan) dibayarkan penuh (THR) 100 persen dan (pegawai) laporkan kalau ada pelanggaran yang tidak penuh,” ucap dia di Bandung, Senin (12/4).

“Tentu kita akan wasitkan seadil-adilnya karena kita tahu situasi ekonomi belum pulih itu aja,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsakertrans) Jawa Barat, Taufik Garsadi mengatakan aturan THR harus dilaksanakan. Namun, tetap harus ada kesepakatan antara perusahaan dan pekerja.

“kalau memang tidak mampu, harus dibuktikan dengan neraca keuangan karena memang banyak perusahaan sudah tidak bisa apa-apa karena banyak juga perusahaan yang sudah tidak bisa prduksi,” ucap dia.

“Makanya kita sudah berkoordinasi ini dengan seluruh usaha itu sesuai aturan dan perjanjian kerja bersama harusnya membayar THR. Kalau tidak bisa membayar ya terbukalah dengan kondisi sekarang, tapi kalau perusahaan besar sudah bisa lah,” kata Taufik lagi. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. THR
  3. Ridwan Kamil
  4. Jawa Barat
  5. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini