Ridwan Kamil Bantu Perbaikan 1.480 Rumah Tidak Layak Huni di Garut

Senin, 15 Maret 2021 22:34 Reporter : Mochammad Iqbal
Ridwan Kamil Bantu Perbaikan 1.480 Rumah Tidak Layak Huni di Garut Ridwan Kamil. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - 1.480 rumah tidak layah huni (rutilahu) di Kabupaten Garut akan diperbaiki menjadi lebih layak. Perbaikan tersebut akan dilakukan menggunakan dana bantuan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menjelaskan bahwa setiap rumah diberi anggaran sebesar Rp 17,5 juta. “Uang untuk membangun rumahnya akan ditransfer langsung ke rekening penerima bantuan. Selain itu juga uangnya tidak boleh digunakan selain untuk pembangunan rumah,” jelasnya, Senin (15/3).

Dia mengatakan bahwa 1.480 rumah yang adakan diperbaiki itu tersebar di 99 desa. Bantuan itu pun menjadi hal yang sangat membantu karena mereka yang menerima bantuan memang memiliki kesulitan dari sisi ekonomi.

“Banyak orang-orang yang karena pandemi ini aktivitasnya menjadi terganggu. Termasuk juga tidak ada hal yang bisa dilakukan dengan keuntungan pribadi (memperbaiki rumahnya yang tidak layak huni,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Garut, Eded Komara Nugraha mengungkapkan bahwa di Kabupaten Garut terdapat sekitar 32 ribu rumah yang tidak layak huni. Di 2021, diperkirakan rumah yang akan diperbaiki dengan berbagai anggaran mencapai 3.200 lokasi.

“Kami berharap bantuan (dari Gubernur Jawa Barat) ini dapat membantu masyarakat dalam kondisi terpuruk karena pandemi ini, sehingga rumah tidak layak huni dapat diperbaiki dan menjadi layak huni. Hal ini juga akan terwujud dengan adanya gotong royong dari masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Eko Darmayanto mengatakan bahwa Kabupaten Garut merupakan salah satu wilayah dari banyak wilayah lainnya yang menerima bantuan dari Gubernur untuk pembangunan rumah tidak layak huni.

“Untuk keseluruhan dari Jabar ini Kabupaten Garut termasuk 10 terbesar penerima bantuan tahun ini. Ini bisa membantu untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Garut,” tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ridwan Kamil
  3. Kemiskinan
  4. Garut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini