Rayakan HUT ke 183, Pemkot Kendari gelar lomba masak serba ikan

Kamis, 8 Mei 2014 14:21 Reporter : Eda Ervina
Rayakan HUT ke 183, Pemkot Kendari gelar lomba masak serba ikan Ikan bakar Sorong. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar lomba masak serba ikan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 183 Kota Kendari tahun 2014. Kegiatan yang mengangkat tema 'melalui lomba masak serba ikan, kita ciptakan menu nusantara berbahan baku ikan menuju industrialisasi produk olahan hasil perikanan yang berkualitas' tersebut, dibuka oleh Wali Kota Kendari, Asrun, di Taman Kota Kendari, Kamis (8/5).

Asrun mengatakan, kegiatan lomba masak ikan itu bertujuan meningkatkan konsumsi warga terhadap ikan dalam upaya menciptakan ketahanan pangan dan menu baru berbahan baku ikan.

"Saya berharap menu yang beragam ini bisa dielaborasi dan dipopulerkan di berbagai restoran lokal dan nusantara bahwa menu baru ini harus betul memiliki kekhasan," katanya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/5).

Dia mengatakan, produksi perikanan di Kota Kendari relatif tinggi, sehingga dapat mendorong konsumsi ikan bagi warga melalui gerakan makan ikan.

"Gerakan makan ikan ini seiring dengan program sehari tanpa nasi. Meningkatnya konsumsi ikan mendorong permintaan terhadap kebutuhan ikan yang bermuara kepada kesejahteraan nelayan," katanya.

Ketua Panitia Lomba Masak Serba Ikan, Agus Salim melaporkan pelaksanaan kegiatan lomba ini merupakan kerja sama Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari dan Tim Penggerak PKK setempat.

Dia menambahkan, lomba masak ini bertujuan untuk menggali inovasi baru terhadap pengolahan perikanan, dan mendorong konsumsi ikan untuk ketahanan pangan.

"Sasaran kegiatan ini adalah terbukanya peluang usaha masakan khas daerah, dan terciptanya keanekaragaman aneka masak ikan, serta mendorong gerakan gemar makan ikan," ujarnya.

Peserta lomba masak tersebut terdiri dari Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan se-Kota Kendari. Bagi pemenang pertama akan mewakili Kota Kendari pada lomba tingkat Provinsi Sultra.

Sedangkan kategori yang diperlombakan adalah menu keluarga, balita dan kudapan berbahan baku ikan.

Dalam kegiatan tersebut, tim penilai menetapkan juara I adalah Tim Penggerak PKK Kecamatan Kendari Barat, menyusul juara II Kecamatan Baruga dan III Kecamatan Poasia, serta juara harapan Kecamatan Mandonga. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Kuliner Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini