Punya Ribuan Alat, Sultan HB X Minta Kabupaten Maksimalkan Rapid Test

Selasa, 12 Mei 2020 23:34 Reporter : Purnomo Edi
Punya Ribuan Alat, Sultan HB X Minta Kabupaten Maksimalkan Rapid Test Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta kepada kabupaten dan kota untuk memaksimalkan rapid test. Diharapkan dengan rapid test yang dilakukan bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sultan HB X menyebut saat ini di Pemda DIY masih ada kurang lebih 3.000 alat rapid test. Sementara di masing-masing kabupaten dan kota juga masih memiliki sisa alat rapid test.

"Rapid tes untuk sementara ini ada 3.000 RDT (di Pemda DIY). Kami punya 3.000 tapi kabupaten-kabupaten masih punya sisa sekitar 1.000-anlah. Jadi diharapkan ini baru kabupaten yang 1.000 dihabiskan kami punya stok 3.000," ujar Sultan HB X, Selasa (12/5).

Sultan HB X menyebut jika rapid test ini penting sebagai tracing terhadap sejumlah klaster virus corona di DIY. Seperti di klaster Indogrosir maupun klaster lainnya.

Sultan HB X menambahkan sejumlah kabupaten dan kota di DIY telah menyiapkan tempat isolasi. Tempat isolasi ini ditujukan bagi masyarakat salah satunya kepada masyarakat yang hasil rapid test reaktif.

"Rapid test itu kan tidak hanya sekali tapi dua kali ya. Kalau ada gejala dalam arti positif itu otomatis harus diisolasi. Gitu. Nah itu yang Sleman milihnya di Wisma Haji (Asrama Haji DIY) untuk diisolasi di sana. Gunungkidul di sana juga ada. Mereka sudah menyediakan lokasi sendiri-sendiri," papar Sultan HB X. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini