Polisi Cek Fisik dan Psikis Putri Candrawathi, Penahanan Tunggu Berkas Lengkap

Selasa, 27 September 2022 16:32 Reporter : Merdeka
Polisi Cek Fisik dan Psikis Putri Candrawathi, Penahanan Tunggu Berkas Lengkap Ferdy Sambo Peluk Erat Istri Saat Rekonstruksi. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Polri melakukan pemeriksaan kesehatan Putri Candrawathi (PC), tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Pemeriksaan meliputi kesehatan fisik dan psikis istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo tersebut.

"Hasil komunikasi dengan penyidik bahwa penyidik saat ini sedang fokus melakukan evaluasi terkait kesehatannya Bu PC, ya baik dari fisik maupun psikisnya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/9).

Pemeriksaan kesehatan dilakukan menyusul target rampung berkas Putri di Kejaksaan Agung (Kejagung) pekan ini alias P21.

"Nanti apabila sudah dapat surat rekomendasi dari dokter yang bersangkutan dinyatakan sehat dari sisi fisik maupun psikis, maka penyidik akan mengambil langkah-langkah lebih lanjut setelah berkas perkara dinyatakan P21," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Tersangka dan Barang Bukti Diserahkan usai Kesehatan Tak Bermasalah

Dedi menambahkan, apabila kesehatan Putri dinyatakan tak bermasalah dan berkas perkara telah dinyatakan lengkap maka akan dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Untuk proses kesiapan persidangan lebih lanjut," ujar dia.

Namun Dedi enggan berandai-andai langkah dilakukan polisi sebelum berkas perkara Putri terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J dinyatakan lengkap oleh kejaksaan.

"Begitu dapat P21 ya nanti dari teman-teman kejaksaan menyampaikan. Saya pun nanti sesuai dengan izin penyidik akan menyampaikan progresnya. P21 ya progres selanjutnya ketika dari tim dokter sudah menyatakan kesehatan fisik dan psikisnya memenuhi syarat baru nanti penyidik akan mengambil langkah-langkah berikutnya," ujar dia.

Dedi mengatakan bahwa uji dan evaluasi kesehatan Putri telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Sementara untuk hari ini pemeriksaan dari sisi psikologis oleh tim dokter.

"Dari Bidokkes Polri. Tapi dari pihak pengacaranya apabila akan melakukan second opinion dipersilakan. Hasilnya pun nanti akan diberikan kepada penyidik dan penyidik akan mengambil langkah-langkah lebih lanjut," Dedi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra/Liputan6.com [gil]

Baca juga:
Kejagung Masih Teliti Berkas Ferdy Sambo Cs, Kamis akan Dibeberkan
LPSK Sebut Putri Candrawathi Pemohon Terunik: Butuh Perlindungan, Tapi Tidak Antusias
LPSK Buka-Bukaan Alasan Tolak Beri Perlindungan pada Putri Candrawathi
Alasan Polri Belum Gelar Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan
Giliran AKBP Raindra Ramadhan Jalani Sidang Etik Kematian Brigadir J
Daftar 15 Polisi Dipecat hingga Disanksi Demosi Terkait Kasus Kematian Brigadir J

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini