Pimpin Sidang Kabinet Terakhir, Jokowi Akui Masih Banyak PR yang Belum Selesai

Kamis, 3 Oktober 2019 14:59 Reporter : Supriatin
Pimpin Sidang Kabinet Terakhir, Jokowi Akui Masih Banyak PR yang Belum Selesai Presiden Joko Widodo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna tentang Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN Tahun 2020. Ini merupakan sidang kabinet paripurna terakhir di periode kepemimpinan 2014-2019.

Saat menyampaikan sambutan, Jokowi mengatakan selama lima tahun ini Kabinet Kerja telah mengerjakan banyak hal. Pertama, telah menyusun fondasi pembangunan nasional yang lebih tangguh, produktif dan merata.

Pemerintah, lanjut Jokowi juga telah meletakkan pondasi bagi pembangunan Indonesia sentris. Upaya ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan di bidang infrastruktur.

"Kita juga telah memulai reformasi struktural tetapi memang belum besar-besaran," ucapnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10).

"Sehingga kita harapkan nanti di 5 tahun ke depan kita akan melakukan reformasi struktural ini secara besar-besaran dalam rangka meningkatkan daya saing memangkas banyak aturan prosedur yang menghambat dan berbelit-belit yang kita punyai saat ini," sambungnya.

Selain itu, Jokowi mengklaim telah melakukan reformasi di bidang fiskal sehingga APBN menjadi semakin sehat dan mandiri. Lebih lanjut, kata Jokowi, pemerintah telah mereformasi program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

"Terutama kepada masyarakat 40 % terbawah juga telah kita lakukan," sebutnya.

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui masih ada sejumlah pekerjaan yang belum selesai. Namun dia tak menyebut apa saja pekerjaan yang belum diselesaikan di bawah kepemimpinannya.

"Masih banyak saya lihat, masih ada PR-PR yang belum bisa kita selesaikan," kata dia. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini