Perkenalkan Kabinet Indonesia Maju, Jokowi dan Menteri Duduk di Tangga Istana Merdeka

Rabu, 23 Oktober 2019 08:36 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Perkenalkan Kabinet Indonesia Maju, Jokowi dan Menteri Duduk di Tangga Istana Merdeka Kabinet Indonesia Maju. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari

Merdeka.com - Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memperkenalkan para menteri Kabinet Kerja Periode 2019-2024. Yang Unik, perkenalan dilakukan dengan duduk di Tangga Istana Merdeka.

Sekitar pukul 08.30 WIB, Rabu (23/10) Presiden Joko Widodo keluar dari Istana Merdeka dan didampingi Ma'ruf kemudian duduk tangga Istana Merdeka, Jakarta.

"Pagi hari ini saya ingin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi yang berbaju batik.

Kemudian Jokowi kemudian memperkenalkan satu persatu para menterinya dimulai dari Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Tokoh-tokoh yang mengisi kabinet Indonesia Maju memiliki latar belakang beragam dari profesional hingga politisi lima partai koalisi Jokowi. PDI Perjuangan mendapatkan lima kursi, Golkar mendapatkan tiga kursi, Nasdem mendapatkan tiga kursi, PKB mendapatkan tiga kursi, dan PPP mendapatkan satu kursi.

Tidak ada kader Partai Demokrat yang sebelumnya digadang-gadang bakal masuk. Putra Presiden RI Keenam, Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono diisukan bakal menjadi Menpora. Tetapi, kursi tersebut diduduki politikus Golkar Zainudin Amali. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini