Peringati Hari Solo Menyapu, Ribuan ASN dan Warga Bersih-bersih

Sabtu, 13 Juli 2019 03:03 Reporter : Arie Sunaryo
Peringati Hari Solo Menyapu, Ribuan ASN dan Warga Bersih-bersih Peringatan Hari Solo Menyapu. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Ribuan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solo bersama anggota TNI/Polri dan masyarakat melakukan kerja bakti massal di sejumlah lokasi di Kota Bengawan, Jumat (12/7) pagi. Kegiatan tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Solo Menyapu, yang jatuh pada setiap tanggal 8 Juni.

"Hari Solo Menyapu baru bisa kita peringati hari ini. Solo Menyapu tidak hanya aksi bersih-bersih lingkungan tetapi juga menyimbolkan perbaikan pelayanan publik yang kita selenggarakan," ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) di sela kegiatan.

Rudy menyampaikan, Sapu merupakan kepanjangan dari Saya Adalah Penyapu Ulung. Filosofi Saputro, dikatakannya, harus terpatri dalam diri masing-masing ASN. Melalui kegiatan tersebut dirinya mengajak ASN menjadi pelayan yang baik. Sedangkan pelayan yang baik, ditandai dengan aksi nyata dan bukti kinerja.

Rudy mencontohkan perbaikan pelayanan tersebut, mulai penghapusan pungutan liar (pungli), penyimpangan anggaran, hingga penataan sistem administrasi birokrasi. Menurutnya, secara umum pelayanan publik hingga tingkat kelurahan sudah cukup bagus, meskipun ada hal-hal yang masih perlu ditingkatkan.

"Laporan keuangan kita juga sudah mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) sebanyak sembilan kali berturut-turut. Ini bukti nyata kinerja yang baik," katanya.

Selain Jalan Slamet Riyadi, kerja bakti massal juga dilakukan di Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Kolonel Sutarto. Sebelum memulai kegiatan, dilakukan apel bersama oleh para peserta di lima titik berbeda. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Solo
  2. Surakarta
  3. FX Hadi Rudyatmo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini