Perahu Motor Pengangkut Tim Nakes Covid-19 di Sumba Timur Tenggelam

Sabtu, 24 September 2022 21:30 Reporter : Ananias Petrus
Perahu Motor Pengangkut Tim Nakes Covid-19 di Sumba Timur Tenggelam Perahu Motor Pengangkut Tim Nakes Covid-19 di Sumba Timur Tenggelam. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah perahu motor terbalik akibat dihantam gelombang tinggi di perairan Selatan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di laut Katundu, Kecamatan Karera, Sabtu (24/9).

Perahu motor tersebut mengangkut 12 orang penumpang, termasuk tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Nggongi berjumlah delapan orang, yang hendak melakukan vaksinasi COVID-19, serta pelayanan kesehatan lainnya di Pulau Salura.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun seluruh barang bawaan para tenaga kesehatan seperti alat kesehatan, serta barang pribadi mereka yakni handphone mengalami kerusakan. Bahkan dilaporkan para tenaga kesehatan mengalami trauma.

Kapolsek Karera Aiptu Abubakar Sola Masriki menjelaskan, dia bersama beberapa anggotanya masuk dalam rombongan tersebut. Namun mereka menunggu perahu lain, untuk ikut berlayar ke Pulau Salura.

Ssat itu dia bersama btim vaksinator covid-19 sedang menunggu penjemputan dari Pulau Salura dengan perahu motor milik masyarakat yang bobotnya lebih besar, namun ada perahu motor kecil datang untuk menjemput.

Tim pun naik ke perahu motor tersebut dengan jumlah delapan orang, termasuk anggota Bhabinsa 1606, staf Bank NTT, serta pemilik perahu motor bernama Ayun alias Bapa Ifa.

2 dari 2 halaman

Sedangkan Abubakar Sola Masriki bersama anggotanya menunggu perahu motor lain. Sekitar satu mil berlayar dari bibir pantai, tiba-tiba perahu yang ditumpangi para tenaga kesehatan terbalik dan tenggelam. Diduga sayap perahu motor tersebut patah, akibat tersangkut dengan tali jangkar.

Mengetahui peristiwa tersebut, Kapolsek Abubakar Sola Masriki bersama kepala desa Pulau Salura membantu untuk menyelamatkan para penumpang, menggunakan perahu motor masyarakat yang saat itu sementara terparkir di pantai.

Seluruh penumpang perahu motor dapat diselamatkan. Hanya terdapat kerugian material berupa, vaksin covid-19, obat-obatan lain, 10 buah handphone, satu unit perahu motor, satu buah mesin ketinting, satu buah mesin tempel mark yanmar, 1 pis pukat cumi dan jangkar bersama tali nilon.

"Diperkirakan total kerugian keseluruhan mencapai Rp35.000.000," tutup Abubakar. [ray]

Baca juga:
Kapal Pengangkut Bibit Sawit Tenggelam di Sungai Batanghari, 2 ABK Hilang
Tabrakan dengan Tanker, Kapal Kargo Tumpahkan Minyak ke Lautan
Kapal Karam Diterjang Ombak di Perairan Kaltim, Tiga Orang Hilang
Dua Hari Tenggelam, Pekerja Sawit di Bengkalis Ditemukan Tewas
Bakamla RI Cari 11 ABK Kapal Angkut Semen Curah Tenggelam di Selat Makassar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini