Penyalur PMI Ilegal ke Kamboja Diburu, Polda Sumut Koordinasi dengan Bareskrim

Senin, 15 Agustus 2022 22:00 Reporter : Uga Andriansyah
Penyalur PMI Ilegal ke Kamboja Diburu, Polda Sumut Koordinasi dengan Bareskrim Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak. Instagram/@poldasumaterautara ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menegaskan pihaknya masih memburu perusahaan penyalur pekerja imigran Indonesia (PMI) ilegal ke Kamboja. Sebelumnya, mereka telah menahan 213 PMI ilegal yang hendak berangkat ke Kota Sihanoukville, Kamboja, melalui Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (12/8).

"Perusahaan penyedia jasa pekerjaan ini sedang kami kejar di Jakarta bersama Bareskrim. Insyaallah mudah-mudahan terungkap dan segara dirilis," ujar Panca, Senin (15/8).

Saat ini ratusan PMI ilegal itu masih dalam penanganan Polda Sumut. Mereka diduga akan bekerja di perusahaan judi online.

"Sekarang penanganan diduga orang-orang yang akan diberangkatkan melalui dari Bandara Kualanamu sebanyak 213 masyarakat," sebut Panca.

2 dari 2 halaman

PMI Ilegal Direkrut dari Berbagai Daerah

Menurut Panca, ratusan PMI ilegal itu berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Jambi, Lampung, Sumut, Bali, Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Barat, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

"Kami melakukan penindakan bersama-sama pemerintah daerah untuk memastikan bahwa informasi yang diterima (soal)kelengkapan dan persyaratan dimiliki oleh jasa pelayanan pekerja itu tidak lengkap," ucapnya.

Sementara, Gubernur Sumut Edy Rahyamadi menjelaskan ,telah ada kolaborasi antara pihaknya dengan kepolisian untuk menangani ratusan PMI ilegal tersebut.

"Pasti itu membuat rakyat-rakyat kita sengsara sampai di sana. Mereka diberikan janji-janji tidak sesuai. Ini sedang didalami kepolisian dan mudah-mudahan terurai semuanya," pungkasnya.

Baca juga:
Pilu TKW Cianjur Disiram Bubur Panas oleh Majikan di Dubai, Memohon Dipulangkan
BP2MI: Ratusan WNI di Kamboja Mendapat Kekerasan selama Penyekapan
Pilu TKW Asal Serang Menangis dan Ingin Pulang dari Arab, Diperlakukan Tak Layak
Coba Menyeberang ke Malaysia Lewat Pelabuhan Tikus, 10 WNI dan 1 WNA Ditangkap
Kasus WNI Disekap di Kamboja, DPR Minta Polri Bongkar Mafia Rekrutmen PMI Ilegal
Dua Jaringan Pengiriman Calon PMI Ilegal di Batam Dibongkar Polisi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini