Penumpang Membludak, Petugas Operasional MRT Ditambah

Rabu, 3 April 2019 15:15 Reporter : Hari Ariyanti
Penumpang Membludak, Petugas Operasional MRT Ditambah Stasiun MRT Bundaran HI. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Penumpang MRT pada Rabu (3/4) membludak, khususnya di Stasiun Bundaran HI. Jumlah penumpang diprediksi di atas 100 ribu orang. Demi ketertiban penumpang, jumlah petugas operasional MRT ditambah, khususnya di Stasiun Bundaran HI dan Lebak Bulus.

Demikian disampaikan Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin, di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat. Kamal mengatakan, pihaknya melakukan antisipasi lonjakan penumpang khususnya di Bundaran HI dan Lebak Bulus. Dua stasiun ini merupakan tujuan favorit para penumpang.

"Kelihatannya mereka (penumpang) masih favorit Bundaran HI dan Lebak Bulus, karena inginnya bolak balik dari Bundaran HI ke Lebak Bulus atau sebaliknya. Jadi kita antisipasi dua titik ini ada penambahan staf juga termasuk non operasional kami tambahkan di Lebak Bulus dan Bundaran HI," jelasnya.

Akibat melonjaknya penumpang, beberapa pintu masuk di Stasiun Bundaran HI juga ditutup. Seperti di pintu masuk dan keluar dekat Kedutaan Besar Jepang. Jumlah staf yang ditambah di dua stasiun ini masing-masing sebanyak 20 orang. Petugas tambahan ini di luar staf operasional.

Penambahan petugas ini dilakukan khusus saat hari libur demi menjaga ketertiban penumpang saat antre pembelian tiket. "Ini kan sebenarnya lebih di antrean tiket dan pembayaran. Kalau penumpang sudah terbiasa dan berjalan dengan mulus nanti kita kembalikan dengan staf operasional yang full time di situ. Sekarang sekalian sosialisasi," kata Kamal.

Terkait persentase lonjakan penumpang, Kamal mengatakan belum bisa memastikan. Namun dia memperkirakan jumlahnya di atas 100 ribu orang.

"Hari hari ini ada peningkatan ya kalau kami observasi. Kemarin kami catat penumpang itu dalam sehari 70 ribu, dan kemarin juga tidak terjadi kepadatan mobil drop seperti ini dan di hari libur ini kelihatannya penggunanya pengguna keluarga. Ini untuk wisata juga menggunakan MRT," jelasnya.

"Masih kami observasi ya (totalnya). Tapi biasanya kalau memang mengacu waktu hari Minggu kemarin, dan hari Sabtu kemarin itu di atas 100 ribu ya," jelasnya. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. MRT
  2. Jakarta
  3. Transportasi Umum
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini