Penjelasan Polri Cara Terduga Teroris Kelompok JI Kumpulkan Dana Pakai Kotak Amal

Senin, 16 Agustus 2021 18:49 Reporter : Merdeka
Penjelasan Polri Cara Terduga Teroris Kelompok JI Kumpulkan Dana Pakai Kotak Amal Densus 88. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak tiga teduga teroris kelompok Jemaah Islamiyah (JI), dicokok Densus 88 di Bandung Jawa Barat. Mereka adalah RH, AYR dan US. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, 1.540 celengan kotak amal dijadikan barang bukti oleh Densus 88.

Ramadhan menjelaskan, ada alasan khusus mengapa dana umat tersebut malah menjadi bukti aksi terorisme. Menurut dia, kotak amal yang diedarkan bukan sembarang kotak amal untuk kepentingan umum.

"Jadi ini pola dan cara dari yayasan terduga teroris ini, Syam Organizer (SO) memperoleh dana," kata Ramadhan dalam keterangan pers virtualnya, Senin (16/8).

Ramadhan kemudian merinci, bagaimana pola kotak amal itu bekerja. Pertama, dengan mengedarkan celengan kotak amal ke masyarakat. Kedua, mengedarkan mengadakan tabungan kurban di masyarakat, ketiga mengadakan tabligh akbar dengan berkoordinasi dengan mengundang penceramah. Terakhir dengan penggalangan dana baik langsung kepada jemaah yang hadir ataupun menyebarkan nomor rekening SO ke jemaah.

"Aliran dana SO diduga mengalir ke organisasi terorisme JI. Tercatat pada 2013-2017 SO memberangkatkan anggotanya ke Suriah termasuk F, salah satu terduga teroris yang telah ditangkap," jelas Ramadhan.

Ramdhan menambahkan, daerah yang menyetorkan dana ke bendahara pusat SO pusat atas nama DR juga telah ditangkap. Penyetoran dilakukan menjadi 2 bagian, pertama untuk JI dimasukkan ke dalam brankas yang dista di kantor pusat Jogja dan kedua untuk operaisional disimpan dalam rekening SO.

"Melalui gaji pengurus SO merupakan anggota JI, mereka juga memotongnya untuk dimasukkan atau disetorkan ke JI," ungkap Ramdhan.

Sebagai informasi, Kantor SO daerah Bandung menyediakan semua logistik kebutuhan penggalangan dana yayasan SO di daerah lain di Indonesia. Ada pun logistik dikirim berupa majalah, katalog, panduan dan lainnya.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Penyuplai Senjata 2 Terduga Teroris di Jakarta Kelompok Jamaah Islamiah
Polri: 13 Terduga Teroris Ditangkap di Riau Jaringan Jamaah Islamiah
Terduga Teroris yang Kabur Saat Pemeriksaan di Polda Babel Ditangkap Bangka
Jejak JAD di Merauke
Eks Tokoh JI Ingatkan Warga Tak Danai Terorisme, Hati-Hati Sebelum Berdonasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini