Penjelasan Pengacara Soal Pernikahan Richard Muljadi di Luar Penjara

Sabtu, 2 Februari 2019 16:34 Reporter : Merdeka
Penjelasan Pengacara Soal Pernikahan Richard Muljadi di Luar Penjara Foto pernikahan Richard Muljadi. ©Instagram/Aidatanihaha

Merdeka.com - Pengacara terdakwa perkara penyalahgunaan narkoba jenis Kokain, Richard Muljadi, Baso Fakhruddin membenarkan kliennya telah melangsungkan pemberkatan pernikahan di Gereja Katedral, kemarin, Jumat (1/2).

"Kemarin baru pemberkatan nikah, sudah dari 6 September 2018 tapi terhalang proses hukum jadi tertunda baru kemarin dilangsungkan pemberkatan," kata Baso di Jakarta, Sabtu (2/2).

Namun Baso menegaskan, pernikahan itu hanya sebatas pemberkatan di gereja. Sementara Richard dan istrinya belum melaksanakan pencatatan sipil dan resepsi.

"Catatan sipil belum, pesta belum, bahkan malam pertama, dan bulan madu belum. Ini hanya didoakan di gereja," ujar dia.

Baso menegaskan, Richard Muljadi sudah mendapat izin dari RSKO untuk melangsungkan pernikahan di gereja.

Sementara itu, Richard Muljadi menjelaskan bahwa pemberkatan pernikahan tersebut harus dilaksanakan pada 1 Februari 2019 lantaran jadwal gereja yang sangat padat. Sehingga pemberkatan ini harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah diberikan pihak Katedral.

"Sebagai pemeluk agama Katolik, maka acara pemberkatan pernikahan harus dilaksanakan di gereja. Kemudian, pencatatan pernikahan secara resmi menurut undang-undang yang berlaku akan dilaksanakan setelah Richard menyelesaikan proses hukum yang sedang berjalan saat ini hingga tuntas," kata Richard melalui keterangan tertulis.

Richard Muljadi pun memohon kepada masyarakat agar memahami niat baiknya dalam menjalankan kewajibannya sebagai pemeluk agama Katolik, yaitu menjalani pemberkatan nikah di Gereja.

"Saya betul datang ke Gereja Katedral untuk melakukan pemberkatan, sebagaimana mestinya saya (Richard Muljadi) menjalankan kewajiban sesuai agama yang saya peluk. Dimana bagian dari ibadah tersebut berdasarkan apa yang saya percayai," kata dia.

Selain itu, Richard menegaskan bahwa dirinya juga menghargai proses hukum yang sedang berlangsung maka pernikahan secara resmi atau di catatan sipil akan dilaksanakan setelah proses ini semua selesai.

Reporter: Ady Anugrahadi [noe]

Baca juga:
Foto Pernikahan Richard Muljadi Beredar, Ini Kata Kajari Jaksel
Pasok Narkotika untuk Polisi, Pasutri di Medan Diadili
Kronologi Penyelundupan 1,4 ton Ganja Asal Aceh di Kargo Bandara Soekarno Hatta
BNN Ungkap Tiga Kasus Tindak Pidana Narkotika
BNN Temukan Narkoba Jenis Baru, Efeknya 5 Kali Lebih Kuat dari Pil Ekstasi Biasa
Kalapas Masih Selidiki Pemilik Narkotika di Lapas Gunung Sindur

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Narkoba
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini