Pemprov Jabar Diminta Segera Siapkan Kawasan Ekonomi Khusus

Rabu, 14 November 2018 00:46 Reporter : Aksara Bebey
Pemprov Jabar Diminta Segera Siapkan Kawasan Ekonomi Khusus Arief Yahya. ©istimewa

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat diminta untuk menyiapkan kawasan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dua daerah di tanah pasundan dinilai sudah masuk kriteria, tinggal merampungkan semua persyaratan.

Menteri Pariwisata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, dua kawasan tersebut adalah Pangandaran dan Cikidang di Sukabumi. Dia mengungkapkan, hanya tinggal menunggu keseriusan dari pemerintah provinsi dan kabupaten agar dua kawasan tersebut bisa ditetapkan sebagai KEK.

"Penetapan KEK itu perlu kerja keras dari semua pemangku kepentingan. Memang tidak mudah, namun jika terealisasi, pemerintah pusat akan memberikan kemudahan (bantuan) di bidang infrastruktur, utilitas pasar, jalan, air, listrik hingga internet," katanya di Bandung, Selasa (13/11).

Dia menjanjikan pada triwulan pertama di tahun 2019 KEK ini akan rampung. Atau, paling cepat tiga bulan langsung ada penetapan dari pemerintah pusat yang nantinya dipimpin oleh Kementerian Perekonomian.

Kendala terberat umumnya hanyalah masalah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Namun mengenai itu, sambung dia, pemerintahan saat ini memiliki regulasi yang memudahkan.

"Yang paling berat umumnya adalah Amdal, dan bagus pemerintahan sekarang Amdal bisa dilakukan secara paralel," terangnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan kawasan Cikidang (Sukabumi) dan Pangandaran tengah dalam proses untuk ditetapkan menjadi KEK. Dia berharap penetapan bisa segera dilakukan sehingga bisa mengakselerasi pembangunan di dua kawasan tersebut.

"Sedang diproses KEK supaya mem-bypass birokrasi yang mungkin terlalu lambat di mata dunia. Satu di Sukabumi, satu di Pangandaran. KEK itu susah, syaratnya berat. Jadi dua dulu," pungkasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini