Pemprov DKI Janji Cari Solusi Nasib Karyawan Terdampak Penutupan 12 Outlet Holywings

Rabu, 29 Juni 2022 09:44 Reporter : Yunita Amalia
Pemprov DKI Janji Cari Solusi Nasib Karyawan Terdampak Penutupan 12 Outlet Holywings Ahmad Riza Patria. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan, Pemprov DKI akan mencari solusi terhadap nasib karyawan outlet Holywings yang terdampak penutupan. Berkaca dari kasus Holywings, Riza pun mengingatkan pelaku usaha patuh segala aturan dan norma sosial selama menjalankan usaha.

"Diharapkan dapat mengikuti aturan dan ketentuan yang ada, sekarang kan yang menjadi korban keluarga sendiri, masyarakat yang sudah bekerja akhirnya menjadi korban. (Nasib karyawan) nanti akan kita carikan solusi terbaiknya," ucap Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (28/6) malam.

Disinggung mengenai status penutupan Holywings, Riza tidak menyampaikan secara jelas. Secara normatif dia berujar, selama pelaku usaha memenuhi segala syarat dan ketentuan perizinan, usaha tersebut diperbolehkan beroperasi.

Dia kembali mengingatkan seluruh kafe dan usaha sejenis di Jakarta, agar tidak mencontoh tindakan Holywings yang memakai promosi kontroversi bermuatan SARA.

"Sejauh persyaratan izinnya dapat dipenuhi sesuai dengan aturan ketentuan siapa saja yang punya usaha diperbolehkan, jadi kami minta cafe resto maupun bar agar lebih hati-hati ke depan," pungkasnya.

Diketahui, Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP DKI Jakarta pada Selasa (28/6) secara serentak menutup 12 outlet Holywings, sebagai tindak lanjut pencabutan izin kafe tersebut. Kepala Satpol PP DKI, Arifin berujar, selama izin masih dicabut, pihak Holywings bisa saja melengkapi sejumlah persyaratan.

"Ya silakan saja (melengkapi perizinan) intinya hari ini saya melakukan penutupan," kata Arifin di Balai Kota.

Proses penutupan outlet Holywings hari ini juga akan didampingi oleh penyidik PNS Satpol PP, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Dinas UMKM. Kepada masing-masing penanggungjawab outlet, Pemprov DKI akan menyampaikan dasar penutupan outlet sekaligus memasang spanduk.

"Akan dibuatkan berita acara pemeriksaannya setelah itu akan dibuatkan spanduk berisi penutupan tempat usaha," ujarnya.

Arifin juga menampik penertiban Holywings baru dilakukan setelah ramai kontroversi promosi alkohol gratis. Dia menegaskan, pemantauan dan penertiban pelaku usaha hiburan dan restoran, termasuk Holywings, dilakukan secara simultan.

"Selama masa-masa PPKM sudah banyak yang kami tindak, mulai penutupan sementara, kemudian ada sanksi berkaitan dengan denda, bahkan salah satu kita tutup permanen di Kemang, jadi tidak diam," kata Arifin.

Berkaca dengan tindak tegas Pemprov DKI Jakarta, Arifin berujar bahwa seharusnya para pelaku usaha menjadikan kegiatan penertiban Satpol PP sebagai pengingat agar menjalankan satu usaha wajib mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Selain itu, Arifin menilai, pelaku usaha juga sudah sepatutnya memenuhi persyaratan izin secara administrasi.

"Pengelola seharusnya ketika itu sudah pernah kita lakukan maka itu harus diiringi niat dan itikad baik untuk melengkapi semua dokumen perizinan yang disyaratkan, kalau yang bersangkutan mengabaikan peraturan dan ketentuan yang berlaku tentu kami akan melakukan tindakan," tegasnya.

Berikut daftar 12 outlet Holywings yang ditutup;

1. Holywings Tanjung Duren, Grogol Petamburan Jakarta Barat
2. Holywings Kalideres, Ruko Circlewest Citra 6, Tegal Alur, Jakarta Barat
3. Holywings Jalan Boulevard Barat Raya Blok, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara
4. Tiger, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
5. Dragon, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
6. Holywings PIK, Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara
7. Holywings Reserve Senayan, Jalan gerbang Pemuda, Tanah Abang Jakarta Pusat
8. Holywings Epicentrum, Bakrie Tower Epicentrum, Setiabudi, Jakarta Selatan
9. Holywings Mega Kuningan, Jalan Mega Kuningan Barat 3, Blok E3 Kuningan Timur Setiabudi, Jakarta Selatan
10. Garison, Jalan Kemang Raya, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
11. Holywings Gunawarman, Jalan Gunawarman, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
12. Vendetta Gatsu, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. [rnd]

Baca juga:
Holywings Semarang Ikut Ditutup Cegah Kegaduhan Akibat Promo Alkohol Berbau Sara
Dua Outlet Holywings di Bandung Ditutup, Nasib Ratusan Karyawan Belum Jelas
Outlet Holywings di Makassar Tutup, Izin Tidak Dicabut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini