Pembebasan lahan runway 3 Bandara Soetta dikebut

Jumat, 3 Februari 2017 03:01 Reporter : Mitra Ramadhan
Pembebasan lahan runway 3 Bandara Soetta dikebut Bandara Soekarno Hatta. ©jetphotos.net

Merdeka.com - PT Angkasa Pura (AP) II terus mengebut proses pembebasan lahan untuk proyek pembangunan runway 3 Bandara Soekarno Hatta dengan melakukan pembayaran ganti rugi kepada warga secara rutin setiap pekannya. Kepala BPN Kabupaten Tangerang Himsar mengatakan, hari ini AP II membayarkan ganti rugi 4 bidang tanah milik warga seluas 12.371 meter persegi dengan total nilai Rp 18 miliar.

"Proses pembayaran akan rutin dilakukan setiap hari Kamis," ujarnya di Gedung AME Equipment and Workshop Bandara Soekarno Hatta, Kamis (2/2).

Meski pihaknya secara simultan melakukan musyawarah dan pembayaran setiap Kamis, proses pembayaran masih terkesan lambat dikarenakan tenaga yang terbatas dan banyak ketidaksesuaian data, di antaranya seperti ada bagian pagar bangunan belum masuk atau septictank belum dihitung.

"Maka itu kami terus kejar. Klaim terhadap kesalahan data bangunan hampir separuhnya," ucapnya.

Saat ini, pihaknya telah menyerahkan 1.300 data bidang kepada tim Kantor Penilai Jasa Publik (KJPP). Tinggal tim KJPP yang melakukan penilaian tentang nilai harga.

"Memang agak lambat prosesnya. Jadi ini harus terus dikebut, karena data yang didapatkan harus sesuai dengan Data Nama Pemilik (DNP), banyak yang tidak sesuai DNP," kata Dolly.

Saat ini, baru 10 persen bidang yang sudah dinilai oleh tim KJPP. "Baru 10 persen dari Kota dan Kabupaten. Kota sedikit hanya 200-an bidang paling 5-6 persen dari total keseluruhan sedangkan Kabupaten ada 2500 lebih bidang," paparnya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini