Pemadaman kebakaran puluhan hektar lahan hutan di Ogan Komering Ilir terkendala air

Jumat, 14 September 2018 20:01 Reporter : Irwanto
Pemadaman kebakaran puluhan hektar lahan hutan di Ogan Komering Ilir terkendala air Ilustrasi Kebakaran Hutan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebakaran hutan dan lahan terus terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Pemadaman belum optimal lantaran sulitnya mendapatkan air.

Di kabupaten itu terdapat dua titik di dua kecamatan, yakni Kecamatan Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan. Karhutla itu telah berlangsung sejak sepekan terakhir. Lahan terbakar juga berada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Kadis Ops Lanud Palembang, Mores Bonte mengungkapkan, hari ini ada empat unit helikopter yang diturunkan untuk memadamkan api. Hanya saja, proses pemadaman di OKI terkendala karena air tinggal tersisa di satu titik.

"Tim udara mengalami kendala di lapangan, air hanya ada satu titik, sehingga helikopter harus mengantri mengambil air," ungkap Mores, Jumat (14/9).

Dikatakannya, lahan yang terbakar sulit dijangkau melalui jalur darat. Sehingga yang lebih efektif adalah dengan melakukan penyiraman melalui udara atau water boombing.

"Cuma bisa lewat darat. Tim masih berjibaku di lokasi untuk memadamkan api, terpantau ada puluhan yang terbakar," ujarnya.

Dia mensinyalir, karhutla itu membuat kabut asap mulai menyelimuti wilayah Palembang dan sekitarnya. Kabut begitu terasa pada pagi hari dengan cara pandang di bawah tiga kilometer.

"Sudah mulai ada kabut asap pada pagi hari, siang harinya kembali normal," pungkasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Hutan
  2. Palembang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini