PDIP: Sungai Citarum Inilah Rekam Jejak Sejarah Peradaban Nusantara Jawa Barat

Minggu, 2 Februari 2020 15:00 Reporter : Merdeka
PDIP: Sungai Citarum Inilah Rekam Jejak Sejarah Peradaban Nusantara Jawa Barat Hasto. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - PDI Perjuangan hari ini melakukan penghijauan di daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Jawa Barat, Minggu (2/2). Tepatnya di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Ciwidey.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, DAS Citarum ini sudah lama menderita. Sehingga, sudah kewajiban semua pihak mengembalikan Citarum seperti sedia kala.

"Demikian dengan pemilihan Daerah Aliran Sungai Citarum. Sungai ini telah lama menderita. Padahal sejarah membuktikan, bahwa sungai Citarum inilah rekam jejak sejarah peradaban nusantara Jawa Barat diukir," kata Hasto di lokasi.

Menurut dia sungai Citarum adalah ekosistem kehidupan. Sehingga partainya terus berupaya penuh agar sungai menjadi tata wilayah di Jabar. "Marilah kita jadikan sungai halaman depan kita," tutur Hasto.

Dia meminta kepala daerah dari partai berlambang banteng bermoncong putih ini menjadikan sungai halaman depan setiap rumah warga.

"Jadi rumah-rumah itu harus dibangun menghadap sungai. Di antara sungai ada jalan, ada penghijauan. Ibu Mega telah mengeluarkan perintah di hulu dari sungai ada mata air kehidupan. 3 kilometer dari sumber mata air itu harus dihijaukan," ungkap Hasto.

Menurut dia, gerakan mencintai bumi yang dicanangkan PDIP ini, untuk gelombang pertama akan dilakukan sampai akhir Mei 2020. "Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi kita," jelas Hasto.

Baca Selanjutnya: Terinspirasi Megawati...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini