Pasien Positif Covid-19 di Sumut Bertambah Menjadi 20 Orang

Senin, 30 Maret 2020 20:05 Reporter : Yan Muhardiansyah
Pasien Positif Covid-19 di Sumut Bertambah Menjadi 20 Orang Virus Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara bertambah dari 14 menjadi 20 orang. Dua di antaranya meninggal dunia. Pasien dalam perawatan (PDP) yang sedang dirawat berjumlah 76 orang. Angka ini turun 1,3 persen dari jumlah 77 orang kemarin.

"Covid-19 positif sebanyak 20 orang, naik dari sehari sebelumnya 14 orang atau terjadi peningkatan 30 persen. Saat ini pasien positif yang dirawat sebanyak 18 orang," kata Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan, dalam keterangan persnya, Senin (30/3).

Selain itu, PDP yang sudah diperiksa negatif namun masih dirawat berjumlah 12 orang. Sementara 11 orang lainnya telah dipulangkan.

Peningkatan juga terjadi pada orang dalam pemantauan (ODP). Jumlahnya menjadi 2.909 orang atau bertambah 12,1 persen dari 2.556 orang kemarin.

Berdasarkan data yang dihimpun, PDP yang meninggal dunia di Sumut terdata 3 orang. Hasil pemeriksaan laboratorium terhadap mereka belum keluar.

Whiko menambahkan, sejumlah rumah sakit telah ditunjuk untuk menangani pasien infeksi Covid-19, di antaranya RS GL Tobing, Tanjung Morawa, Deli Serdang.

"RS GL Tobing RS yang telah dibuka gubernur Sabtu kemarin, yang sampai dengan siang ini telah menerima pasien PDP sebanyak 5 orang. Masyarakat dapat menghubungi rumah sakit ini di nomor 082268040024," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Dia pun mengingatkan PDP Covid-19 juga berpotensi menularkan virus, sehingga tidak dibenarkan kontak dengan orang lain, termasuk petugas kesehatan tanpa APD.

"Demikian pula halnya dengan penanganan jenazah pada pasien Covid-19 telah meninggal dunia akan dapat perlakuan khusus, tidak diberlakukan takziah. Ini semata-semata menjaga orang sehat tetap sehat tanpa corona," tegas Whiko.

Sejauh ini, gugus tugas telah pemeriksaan swab tenggorokan 378 orang. Sebanyak 103 di antaranya sudah mendapatkan hasil, sedangkan sisanya masih dalam proses di Balitbang Kemenkes RI.

Whiko kembali mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah daerah memutus penyebaran Covid-19. Caranya dengan melaksanakan social distancing 2 meter antarsesama, menghindari keramaian, stay at home, dan work from home serta membiasakan diri hidup sehat, mencuci tangan dengan air mengalir atau dengan hand sanitizer, berjemur dengan sinar matahari, dan menjaga lingkungan. [ray]

Baca juga:
Wagub Sumut dalam Kondisi Baik Setelah Ajudan Positif Covid-19
Demo Saat Pandemi Corona, Mahasiswa di Kupang Diamankan Polisi
Komnas HAM Desak Pemerintah Tetapkan Darurat Kesehatan Nasional Bukan Sipil
Warga Kaltim Peserta Ijtima di Gowa yang Diisolasi Bertambah Jadi 3 Orang
Bertambah 6 Orang, Pasien Positif COVID-19 di Sumut Meningkat Menjadi 20 Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini