Negatif Corona, Pramugari yang Pulang dari China hanya Flu Biasa

Senin, 27 Januari 2020 19:30 Reporter : Moh. Kadafi
Negatif Corona, Pramugari yang Pulang dari China hanya Flu Biasa Ilustrasi Pasien. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pramugari dirawat di Badan Rumah Sakit Umum (BRSU) Tabanan, Bali, lantaran mengalami gejala flu usai ikut penerbangan dari China. Kepala Dinas Kesehatan Bali Ketut Suarjaya memastikan sang pramugari negatif Corona dan hanya menderita flu biasa.

"Itu sudah diklarifikasi sama direktur rumah sakit. Itu tidak memenuhi gejala suspect. Walaupun dia (baru datang) dari China," kata Suarjaya, Senin (27/1).

Ia juga menerangkan, saat dilakukan pemeriksaan atau diobservasi untuk gejala-gejala klinis tidak memenuhi atau mengarah kepada virus Corona. Saat ini pramugari tersebut sudah dipulangkan dan kondisinya sehat.

"Iya gejala-gejala klinis tidak mengarah pada itu. Sehingga dia bukan kasus suspect hanya flu biasa," imbuhnya.

Pramugari tersebut mulanya terbang dari China ke Denpasar. Kemudian mengeluh demam sehingga dilakukan pemeriksaan.

"Bukan diisolasi hanya diobservasi, dia terbang dari China terus mengeluh, udah di pulangkan, dia udah sehat," terang Suarjaya.

Dikonfirmasi berbeda, Kepala Dinas Tabanan I Nyoman Suratmika menyampaikan bahwa pasien mulai dirawat di BRSU Tabanan pada Minggu (26/1) malam. Ia merupakan pasien rujukan dari RS Kasih Ibu Denpasar. Saat itu, pasien mengeluh mengalami flu.

"Dia dikirim tadi malam, hari ini sudah membaik dan batuk sesak sudah tidak ada lagi. Jadi kita luruskan bukan suspect karena kriteria tidak terpenuhi belum ada gejala hanya riwayat (pernah pergi) ke China," ujarnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini