Menteri Sandiaga Prediksi Kunjungan Wisman ke Bali Kembali Normal dalam Tiga Tahun

Selasa, 21 Juni 2022 12:29 Reporter : Moh. Kadafi
Menteri Sandiaga Prediksi Kunjungan Wisman ke Bali Kembali Normal dalam Tiga Tahun Menparekraf Sandiaga Uno di Pesta Kesenian Bali. ©2022 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Pulau Bali akan kembali normal dalam dua hingga tiga tahun. Sebelum Pandemi Covid-19, Pulau Dewata didatangi 6 juta per tahun.

"Untuk kembali normal kita, Bali ke angka 6 juta, itu mungkin dalam dua dan tiga tahun ke depan. Kita perlu bersabar, kita harus tingkatkan juga selain kapasitas penerbangan, kesiapan destinasi-destinasi sekarang," kata Sandi di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (21/6).

"Kita harapkan, yang menjadi unggulan dari desa-desa wisata maupun juga eco tourism dan sport tourism ini, akan menjadi tulang punggung dari kebangkitan," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Bidik Wisatawan Berkualitas

Ia juga menyebutkan, saat ini Pulau Dewata mengandalkan kunjungan wisman dari Australia, India, dan beberapa negara lainnya. Namun, ke depannya pihaknya menargetkan wisatawan berkualitas, bukan kuantitas.

"Sekarang yang menjadi andalan Australia, India sudah mulai masuk, Amerika dan Inggris. Dan saatnya nanti, kita akan selaraskan dengan saat China membuka kembali," ungkapnya.

"Tapi, kita akan bergerak dari pariwisata berbasis kuantitas menuju kualitas. Kita, tidak ingin banyak-banyakan angka, kita tidak ingin overcrowding, overtorism di Bali dan di destinasi lain. Kita, ingin pastikan mereka menikmati alam kita, dan membeli produk-produk kita," ujarnya. [yan]

Baca juga:
Kasus Covid-19 di Bali Melandai, Angka Kunjungan Wisatawan Naik
Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Bali Capai Lima Ribu Orang per Hari
Kemeriahan Festival Kesenian Bali ke-44 di Denpasar
Bule Panjat Pohon Sakral Terulang, Pemkab Bali Gencarkan Sosialisasi Tempat Suci
Ada Subvarian Omicron, Menparekraf Optimis 70 Persen Wisman Tetap ke Bali
Mendagri Tito Karnavian Buka Pesta Kesenian Bali ke-44

3 dari 3 halaman

Target Wisman Tahun Ini

Sandi juga memproyeksikan kunjungan 1,5 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini. Sementara target wisman secara nasional ditargetkan sebanyak 3,6 juta sampai akhir tahun 2022 yang mengunjungi destinasi di Indonesia.

"Kita, untuk tahun ini untuk Bali 1,5 juta. Untuk nasional 3,6 juta sampai akhir tahun. Jadi, G20 adalah pemicu. Dan saya baru saja berkoordinasi dengan maskapai, mereka akan menambah penerbangan ke Indonesia dan mudah-mudahan keterbatasan penerbangan dan mahalnya harga tiket ini bisa kita solusikan dalam beberapa bulan nanti," kata Sandi.

Ia juga menyebutkan, untuk saat ini kunjungan wisman ke Pulau Dewata sampai pertengahan Juni 2022 sudah mencapai 330 ribu. Namun, bila dibandingkan tahun 2021 kunjungan wisman di tahun 2022 sudah naik lima kali lipat.

"Kita lagi review karena ini sampai tanggal 20 (Juni) per hari ini sudah mencapai 330 ribu wisman tapi kita harapkan di akhir tahun meningkat 1,5 juta. Dibandingkan tahun lalu hampir lima kali lipat," imbuhnya.

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini