Menristekdikti sebut N219 bukti kembali kebangkitan kedirgantaraan nusantara

Kamis, 17 Agustus 2017 13:55 Reporter : Kirom
Menristekdikti sebut N219 bukti kembali kebangkitan kedirgantaraan nusantara Pesawat N219 uji coba. ©2017 merdeka.com/Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, tahun ini adalah kebangkitan kembali kedirgantaraan Indonesia. Setelah PT Dirgantara Indonesia bersama peneliti Lapan dan ITB berhasil menerbangkan pesawat buatan dalam negeri N219, Rabu (16/8) kemarin.

"Di bawah Kemenristekdikti, direktorat inovasi teknologi meluncurkan N219 bersama dengan Lapan, PT Dirgantara Indonesia dan ITB ini telah berhasil menerbangkan pesawat N219," kata Nasir usai menjadi inspektur upacara peringatan hari Kemerdekaan di lapangan Puspitek, Tangerang Selatan, Kamis (17/8).

Menurut Nasir, yang membuatnya merasa bangga adalah pesawat N219 itu dibuat 100 persen dari karya anak bangsa. "Pesawat ini dibuat semua oleh anak bangsa, tidak ada keterlibatan orang asing, ini semua orang indonesia," ucapnya.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan sang pilot yang menerbangkan perdana pesawat N219 itu, mengaku pesawat itu sangat baik. "Pilot testernya menyampaikan pesawat ini adalah menurutnya sangat sukses, sangat baik," ujar dia.

Oleh karena itu dia menyebut tahun ini adalah tahun kebangkitan kembali kedirgantaraan Indonesia. "Kita sebut tahun ini adalah tahun kebangkitan kembali kedirgantaraan Indonesia. Karena tahun 1995 pernah terbang N250 ini terbang N219 yang juga sangat baik," terang dia. [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini