Menhub yakin bandara baru di Kulon Progo akan dongkrak pariwisata DIY

Kamis, 7 Desember 2017 21:44 Reporter : Purnomo Edi
Menhub Budi Karya cek pembangunan Bandara Kulon Progo. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta dukungan warga dan pemerintah DIY terkait pembangunan Bandara New Yogya International Airport (NYIA) di Kulon Progo. Budi Karya meyakini pembangunan Bandara NYIA akan mampu mendongkrak perekonomian di DIY.

"Saya mengimbau tanpa bermaksud mengenai apa-apa. Yuk kita bantu Yogya (dalam membangun NYIA)," ujar Budi Karya di sela-sela Seminar Peningkatan Kecepatan Kereta Api Koridor Jakarta- Surabaya di Gedung Pascasarjana UGM, Kamis (7/12).

Budi Karya berpendapat adanya bandara baru akan mendongkrak sektor pariwisata yang selama ini menjadi andalan DIY. Nantinya, kata Budi Karya, pariwisata di Yogyakarta akan meningkat dan menjadi destinasi pariwisata ke-dua di Indonesia setelah Bali.

"Yang turisnya 5 juta, yang nanti di mana-mana (pariwisatanya) tumbuh dan membanggakan kita. Kalau kita mendengar katakanlah Yogya di mana-mana seperti Bali (menjadi tujuan wisata dunia) kan kita juga bangga sebagai orang Yogya," urai Budi Karya.

Budi Karya menilai potensi pariwisata di DIY masih bisa digali dan dikembangkan lagi sebagai tujuan pariwisata dunia. Yogyakarta, kata Budi Karya, adalah salah satu daerah yang kearifan lokalnya masih terjaga. Selain itu ditunjang pula dengan banyaknya seniman di DIY yang akan mendorong industri kreatif.

"Saya ini sudah lima tahun di Yogya. Saya merasakan mengapa Bali bisa kita (Yogyakarta) tidak. Karena salah satu keterbatasannya adalah bandara kan. Kalau dengan kapasitas yang sekarang (Bandara Internasional Adisutjipto) kurang maksimal," tutup Budi Karya. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.