Menhub Minta Maskapai Berikan Tarif Terjangkau Saat Lebaran

Sabtu, 4 Mei 2019 20:35 Reporter : Arie Sunaryo
Menhub Minta Maskapai Berikan Tarif Terjangkau Saat Lebaran budi karya di stasiun solo balapan. ©2019 Merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan agar memberikan tarif terjangkau bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Hal tersebut menanggapi semakin mahalnya harga tiket pesawat akhir-akhir ini.

Pernyataan tersebut dikemukakan Budi Karya, seusai rapat persiapan angkutan Lebaran 2019, di Joglo Stasiun Solo Balapan, Sabtu (6/5).

Menteri mengaku dilematis dalam menetapkan tarif tiket yang menjadi sorotan masyarakat akhir-akhir ini. Pihaknya terus melakukan diskusi dengan sejumlah pihak agar tarif pesawat tersebut tidak menjadi bumerang di kemudian hari.

"Tapi saya konsen sekali bahwa masyarakat itu butuh tarif yang terjangkau. Oleh karenanya saya minta kepada maskapai, untuk memberikan tarif-tarif yang terjangkau untuk saat Lebaran ini," katanya.

Menteri merasa dilematis saat penentuan tarif Lebaran. Karena secara aturan, Kementerian Perhubungan sudah menetapkan tarif batas atas dan tarif batas bawah sebagai regulasinya. Saat ini pihaknya sedang melakukan evaluasi bersama KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), apakah tarif batas tersebut bisa diturunkan.

"Tapi kita juga harus adil, tarif itu sudah 2 tahun tidak naik, kok malah turun. Saya tidak akan menetapkan itu sepihak, saya akan mendengar banyak pihak, agar ini jangan jadi bumerang. Diskusi ini kita lakukan terus," pungkas Menhub.

Dia menambahkan, dalam minggu-minggu ini bakal memanggil para petinggi maskapai. Tujuannya, agar maskapai tak memberikan tarif tinggi bagi para pemudik Lebaran nanti.

Menurut mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini, dirinya menjelaskan pada mudik Lebaran nanti, angkutan udara masih jadi pilihan para pemudik. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini