Mengupas SS M4 Carbine, Senjata Serbu akan Dipakai Perusuh 22 Mei

Kamis, 23 Mei 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Mengupas SS M4 Carbine, Senjata Serbu akan Dipakai Perusuh 22 Mei m4 carbine. ©istimewa

Merdeka.com - Kepolisian berhasil mengamankan senjata Senapan Serbu M4 menjelang aksi 22 Mei di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat. Senjata ini nantinya akan digunakan untuk membuat kerusuhan dalam aksi tersebut.

SS M4 dalam dunia militer bukanlah senjata sembarangan. SS M4 dilengkapi dengan berbagai keunggulan dan kecanggihan. Dikutip dari berbagai sumber berikut keunggulan SS M4:

1 dari 3 halaman

Memiliki Tembakan Otomatis

Senapan Serbu M4 asli buatan negara Amerika Serikat. senjata ini juga digunakan oleh Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat. SS M4 memiliki banyak keunggulan salah satunya M4 memiliki pilihan tembakan semi-otomatis dan burst tiga butir (sama dengan M16A2).

M4A1 juga kadang-kadang dilengkapi laras yang lebih berat, untuk menahan panas yang dihasilkan dari menembak otomatis untuk waktu yang lama.

2 dari 3 halaman

Bisa Dilengkapi Peredam Suara

SS M4 memiliki kaliber 5.56 x 45 mm sesuai standar NATO. Selain itu senjata ini menggunakan sistem gas, dan berpendingin udara mampu meredam panas senjata apabila digunakan pada mode otomatis.

Selain itu SS M4 juga dilengkapi dengan peredam suara. "Senjata jenis M4 yang dilengkapi dengan peredam. Jadi kalau ditembakkan suaranya tidak kedengaran. Kemudian juga dilengkapi tanpa pisir TNI artinya bisa dipakai teleskop untuk sniper," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

3 dari 3 halaman

Biasanya Dipakai Pertempuran Jarak Dekat

Keunggulan M4 lainnya yakni M4 lebih nyaman ditenteng daripada senapan laras panjang. Selain ideal untuk digunakan oleh tentara non-infanteri (seperti pengemudi kendaraan, ajudan, dan perwira staf), ini juga membuat M4 cocok untuk pertempuran jarak dekat dan operasi pasukan khusus.

M4 sempat menjadi standar untuk United States Special Operations Command (USSOCOM) dan menjadi pilihan Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat. Pada tahun 2006 Malaysia juga membeli Karabin M4 untuk menggantikan senapan Steyr AUG. [has]

Baca juga:
Kapolri Tunjukkan Senapan M-4 Carbine Diduga Akan Dipakai Kacaukan Aksi 22 Mei
Moeldoko: 3 Orang Ditangkap Terkait Penyelundupan Senjata Kacaukan Aksi 22 Mei
Senjata Api yang Diselundupkan Soenarko Senapan Serbu M4 Carbine
Mengungkap Kasus Mantan Danjen Kopassus Soenarko soal Senjata Ilegal
Moeldoko Pastikan Pemerintahan Jokowi Tak Otoriter
Moeldoko Sebut Penangkapan Tersangka Mayjen (Purn) Soenarko Proses Hukum Biasa

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini