Menag Sudah Komunikasi dengan Ormas Islam, Tak Boleh Sweeping Selama Ramadan

Minggu, 5 Mei 2019 20:41 Reporter : Ronald
Menag Sudah Komunikasi dengan Ormas Islam, Tak Boleh Sweeping Selama Ramadan Menteri Agama Umumkan Awal Ramadan 1440 H. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan tak akan ada aksi sweeping di bulan Ramadan ini. Sebab menurutnya, Menag telah berkomunikasi dengan ormas-ormas di Indonesia agar tak melakukan sweeping apapun.

"Semuanya sudah kami komunikasikan, seperti juga imbauan dari MUI bahwa setiap kita mari dijaga kesucian bulan Ramadan ini, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kegaduhan atau kerawanan sosial secara umum," katanya di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5).

Kata Lukman, lebih baik sesama umat muslim saling menjaga ibadah dengan penuh ridho Allah SWT. Sehingga, hal-hal yang yang menimbulkan kerawanan dapat dihindari.

"Bulan Ramadan adalah bulan di mana setiap kita diberikan kesempatan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu kita masing-masing. Oleh karenanya, saya berharap sebagaimana yang saya sampaikan tadi sebuah himbauan mari setiap kita saling menghormati. Sehingga tidak melakukan hal-hal yang bisa berpotensi menimbulkan kerawanan sosial," bebernya.

Namun, lanjutnya, apabila hal tersebut terjadi maka pihaknya menyerahkan hal tersebut ke aparat penegak hukum.

"Jadi kalau ada hal-hal yang dinilai tidak pada tempatnya, saya berharap mohon setiap kita tidak mengambil tindakan sendiri, atau main hakim sendiri," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini