Ma'ruf Amin Harap Tak Ada Konflik Akibat Beda Pilihan di Pemilu 2024

Kamis, 18 Agustus 2022 17:00 Reporter : Supriatin
Ma'ruf Amin Harap Tak Ada Konflik Akibat Beda Pilihan di Pemilu 2024 Cawapres Maruf Amin di Banten. ©2018 Merdeka.com/Dwi Prasetya

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap tidak ada lagi konflik di lingkungan masyarakat akibat perbedaan pilihan politik di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya kira kita berharap mulai 2024 tidak ada lagi konflik karena adanya perbedaan pilihan," kata Ma'ruf Amin dilansir dari Antara, Kamis (18/8).

Pernyataan ini disampaikan Ma'ruf Amin menjawab pertanyaan wartawan terkait upaya yang perlu dilakukan untuk menghindari peristiwa politik identitas seperti yang terjadi pada Pemilu 2019.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini meyakini rakyat Indonesia sudah cerdas dan bisa memahami buruknya penggunaan politik identitas dalam Pemilu. Terlebih, masyarakat sudah merasakan perpecahan akibat politik identitas pada Pemilu 2019.

"Sebenarnya rakyat kita sekarang itu sudah pandai ya, sudah cerdas," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Menurut Ma'ruf Amin, ketika semua pihak, baik itu pemerintah, partai politik, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat sudah menyampaikan seruan agar tidak menggunakan politik identitas, maka masyarakat bisa memahaminya.

Ma'ruf Amin menyadari, pada saat memilih calon pemimpin, setiap orang akan memiliki kecenderungan yang berbeda. Itu merupakan hal yang wajar.

Namun, kecenderungan berupa politik identitas dalam mengkampanyekan calon pemimpin tidak boleh dilakukan.

"Ketika orang memilih, mau tidak mau ada perasaan 'saya lebih dekat, lebih sama pandangannya, lebih suka karena dia lebih baik, karena ini, ini, ini'. Saya kira ketika itu jatuh pada pilihan, itu tidak ada masalah. Tapi yang harus dihindari adalah dia mengkampanyekan, itu jangan membawa aspek (politik identitas)," ujarnya. [tin]

Baca juga:
PAN Minta Ganjar Diundang ke Konsolidasi KIB di Semarang, Ini Alasannya
PPP dan PAN Pertimbangkan Usung Sandiaga, Golkar Konsisten Airlangga Capres
PKB Sebut Tertutup Peluang Capres-Cawapres Diisi Tokoh Selain Prabowo-Cak Imin
Alasan PAN Dukung Sandiaga Nyapres: Dekat dengan Zulhas, Punya Pengalaman
KIB Terbuka Dukung Sandiaga Capres 2024
DPR: Pencatutan NIK Anggota Bawaslu oleh Parpol Bisa Terancam Pidana

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini